AMBON, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Maluku (UM Maluku) Prof. Faris Al-Fadhat, Ph.D., bersama Wakil Rektor I Dr. Andi Thamrin, SP., M.Si., dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku menyambut Menteri Pendidikan Menengah dan Dasar RI (Mendikdasmen) Prof. Abdul Mu’ti di Bandar Udara Pattimura, sekaligus mendampinginya dalam kunjungan ke SMK Negeri 2 Ambon. Kunjungan Mendikdasmen ini juga didampingi oleh Wakil Gubernur Maluku, Abdullah Vanath.
Mendikdasmen menyoroti peran strategis UM Maluku dalam pengembangan karakter dan pendidikan generasi muda. Prof. Mu’ti menegaskan bahwa pembangunan manusia harus dimulai dari kualitas pendidikan dasar dan menengah yang kuat.
“Kita ingin memastikan anak-anak Maluku tumbuh dengan kualitas pendidikan yang unggul dan berkarakter,” ujar Mendikdasmen.
Menurutnya, peran UM Maluku tidak bisa hanya terbatas pada akademik. “UM Maluku harus hadir tidak hanya sebagai lembaga akademik, tetapi juga sebagai pusat pencerahan dan pemberdayaan masyarakat, “Dari timur Indonesia, Muhammadiyah dapat menyalakan cahaya kemajuan bagi seluruh bangsa.” tegasnya
Ini berarti UM Maluku diharapkan menjadi mitra utama pemerintah dalam mencetak guru-guru berkualitas, mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kearifan lokal, dan melakukan pengabdian yang menjangkau sekolah-sekolah di pelosok Maluku.
Rektor UM Maluku, Prof. Faris Al-Fadhat, Ph.D., mengungkapkan bahwa pendampingan kunjungan kerja ini memiliki bobot strategis yang tinggi. Diskusi yang terjalin dengan Mendikdasmen tidak hanya berfokus pada kualitas pendidikan umum, tetapi juga pengembangan kampus Muhammadiyah di Maluku.
"Kami tidak hanya mendampingi kunjungan kerja Mendikdasmen, tetapi juga berkesempatan diskusi, di mana kami menerima banyak wawasan dan masukan yang sangat inspiratif," kata Prof. Faris.
Prof. Faris menambahkan, momen ini sangat penting mengingat UM Maluku sedang mempersiapkan kelulusan angkatan pertama mahasiswa pada Desember 2025 mendatang, menandakan babak baru kontribusi UM Maluku dalam pembangunan SDM di Maluku. (**)


