Safari Ramadhan, PDM OKU Timur Mempererat Ukhuwah Islamiyah

Publish

31 March 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
289
Foto Istimewa

Foto Istimewa

OKUTIM, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) OKU Timur menyelenggarakan Safari Ramadhan 1445 Hijriah di Masjid Furqon, Desa Karang Tengah, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Sabtu (30/03/2024).

Kegiatan tersebut dimulai Buka Puasa Bersama, Sholat Magrib berjamaah, Sholat Isya berjamaah, Sholat Trawih berjamaah. Selanjutnya acara inti berupa sambutan Kepala Desa Karang Tengah, sambutan PCM BMT, Sambutan PDM OKU Timur, Penyampaian sosialisasi Zakat dari Lazismu OKU Timur, Tausyiah dari penceramah Ustadz H. Sugeng Supriyanto, S.P., M.M dan penutup.

Ketua Lazismu Kabupaten OKU Timur, Preli Yulianto, S.P melalui Wakil Ketua Bidang Pendayagunaan dan Pendistribusian, Ustadz Muhsin, S.Sos mengajak Warga Muhammadiyah terkhususnya Warga Muhammadiyah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) BMT untuk menyalurkan Zakat, Infak, Sedekah di Lazismu Kabupaten OKU Timur.

Adapun program unggulan dari Lazismu Kabupaten OKU Timur diantara Beasiswa Mentari, Beasiswa Sang Surya, Yatim piatu tersenyum, Peduli Guru, Pencegahan Stunting, Perbaikan Gizi, dan Pemberdayaan UMKM.

Informasi layanan Zakat, Infaq dan Shadaqah Lazismu Kabupaten OKU Timur dapat menyalurkan Zakat ke Rekening BSI 7266248517 a.n Lazismu ZAKAT OKU Timur.

Kemudian untuk Infaq dan Sedekah di Rekening BSI 7266248703 a.n Lazismu Infaq dan Shadaqah OKUT. Dan dapat konfirmasi ke nomor 0851-8054-9234.

“Lazismu Kabupaten OKU Timur mengajak untuk menunaikan zakat di Lazismu sehingga nantinya dana dari Bapak/Ibu bisa distribusikan untuk fakir, miskin, kemanusiaan, bantuan untuk yang membutuhkan. Mari berzakat, infak, sedekah di Lazismu, Insya Allah amanah,” ujar Muhsin.

Kepala Desa Karang Tengah, Rahmanto, A.Md mengaku bangga menjadi tujuan Safari Ramadhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur. Kegiatan Safari Ramadhan merupakan kegiatan yang positif, semoga pertemuan di majelis ini menuai berkah untuk kita semua.

“Selamat datang di Desa Karang Tengah, kami merasa bangga menjadi tujuan Safari Ramadhan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur, semoga berkenan dengan sambutan dari kami. Semoga pertemuan kita ini dapat menjalin silaturahmi dan keberkahan di bulan suci Ramadhan ini,” terang Rahmanto.  

Mewakili Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Buay Madang Timur (BMT), H. M. Sholeh mengatakan bangga atas pelayanan, sambutan dari tuan rumah kolaborasi ranting, AUM, warga Muhammadiyah Karang Tengah sehingga safari ramadhan ini bejalan dengan lancar. Mudah-mudahan ini menjadi ladang pahala Bapak/Ibu sekalian di Bulan suci Ramadhan ini.

“Keutamaan memberi makan bagi orang berpuasa memperoleh ganjaran pahala besar dan doanya akan terkabul diantaranya 3 orang yang tidak ditolak doanya Kata Rasulullah SAW Pertama, pemimpin yang adil, Kedua, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan ketiga, doa orang yang terzolimi,” jelas Sholeh.

“Ganjaran pahala berlipat ganda bagi yang menyuguhkan buka puasa dalam sebuh hadis Zaid bin Khalid Al-Juhani RA, H.R Tirmidzi Rasulullah SAW bersabda, Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga,” terangnya.

Kemudian, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) OKU Timur, H. Prioyitno, S.Pd., M.M mengatakan Safari ini menjadi bagian dari gerakan dakwah Muhammadiyah sehingga juga diharapkan meningkatkan ukhuwah Islamiyah.

Sekedar menginformasikan bahwa Muhammadiyah juga berupaya mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) salah satunya aspek pendidikan mendirikan dan mengembangkan kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur dan diupayakan untuk menjadi Universitas Muhammadiyah OKU Timur. Mendapatkan dukungan dari Menteri PMK, Prof. Dr. Muhadjir Effendy untuk menjadi Universitas, kita doakan mudah-mudahan akhir tahun 2024 atau awal 2025 jadi Universitas Muhammadiyah OKU Timur. Dan dihimbau untuk anak didiknya Bapak/Ibu diarahkan bisa kuliah di STKIP Muhammadiyah OKU Timur.

“Safari Ramadhan ini juga momen kita ummat Islam bersatu padu menjalin ukhuwah Islamiyah. Adapun tahapan ukhuwah Islamiyah yang Pertama, saling mengenal (ta’aruf) maka di kesempatan ini agar kita senantiasa saling mengebal satu dengan yang lainnya dalam jamaah ini. Kedua, saling memahami (Tafahum) dalam memperkuat gerakan seperti Saff. Ketiga, Saling tolong menolong (Ta’awun) dalam berjuang di Muhammadiyah dibutuhkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Keempat, Rasa senasib sepenanggungan (Takaful)  pada tahap ukuwah Islamiyah ini rasa suka duka dilalui bersama saling memberikan rasa aman sesama umat muslim, kerukunan terjalin,” ujar Prio.

Ustadz H. Sugeng Supriyanto, S.P, M.M dalam ceramahnya menuturkan perlunya kita bersyukur dalam hidup sehingga berkah yang diperoleh mampu menjadikan kita insan yang tentram dan damai, dan tentunya menjadi pribadi yang terus ingat untuk berbagi untuk sesama melalui sedekah, zakat maupun lainnya, apalagi ini merupakan bulan suci Ramadhan.

Bersyukur akan menjadikan berkah kita peroleh, dengan bersyukur Allah SWT akan menambah kenikmatan bertambah lagi. Sebagaimana yang terkandung dalam Surat Ibrahim ayat 7 yang artinya, “Ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, “sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscahaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.”

Turut hadir dalam Safari Ramadhan tersebut diantaranya Ketua PDM OKU Timur H. Prioyitno, S.Pd., M.M, Sekretaris PDM OKU Timur Dr. Abdul Muhith, S.Fill, M.Pd, Ustadz H. Sugeng Supriyanto, S.P., M.M selaku Sesepuh Muhammadiyah/Staf Khusus Bupati OKU Timur, jajaran PDM Kabupaten OKU Timur, Lazismu OKU Timur, PCM Buay Madang Timur, Kepala Desa Karang Tengah, Warga Muhammadiyah, Organisasi Otonom Muhammadiyah, Simpatisan Muhammadiyah, masyarakat setempat, dan lain sebagainya. (Ril Muh)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat menyelenggarakan silatura....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

UCI MTB Mountain Bike World Championship 2023 PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan UCI M....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Program Studi Fisika Universitas Muhammadiyah Riau pada Rabu (3....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Syamsul Anwar, MA meras....

Suara Muhammadiyah

10 April 2024

Berita

PWM Adakan Resepsi Milad ke-111 bersama 2 Ketua PP Muhammadiyah  MAKASSAR, Suara Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah