Sambut Milad ke-107, Aisyiyah dan NA Adakan Seminar Parenting Psikologi Anak

Publish

20 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
159
Milad 107 Aisyiyah

Milad 107 Aisyiyah

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Bertepatan dengan Milad Aisyiyah yang ke 107, Pimpinan Nasyi’atul Aisyiyah dan Aisyiyah cabang sukodadi telah mengadakan seminar parenting psikologi anak dengan tema “ Menyelami Dunia Mereka Untuk Membangun Generasi Emas di Era Modern” pada Minggu (19/05/2024). Acara ini diselenggarakan di Masjid Darussalam Sukodadi yang menghadirkan dr Era Catur Prasetya sebagai pemateri.  

Pemateri tersebut merupakan salah satu psikiater RS Muhammadiyah Lamongan sekaligus dosen di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Acara ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan diantaranya Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Perwakilan dari Fatayat dan Muslimat Sukodadi, dan Perwakilan LDII Sukodadi. 

dr.Era Catur Prasetya dalam penyampaiannya telah memaparkan serangkaian cara orang tua dalam pola asuh anak terutama dari prespektif psikologi. Ia menjelaskan bahwa setiap masalah yang berbeda juga bereda dalam penyelesaiannya (solusi). Dalam pola asuh anak tidak bisa disamakan di jaman orang tua dengan anak. Selain itu, ia menambahkan dengan contoh perbandingan nyata antara zaman ibu di era 90an dengan anak sekarang. 

“Dulu jaman ibu ketika hari raya masih disibukan dengan membantu orang tua seperti membantu menggoreng kacang, membuat kue dan lainnya. Sedangkan sekarang apa yang terjadi? anak-anak disibukan dengan gadget entah menonton konten hari raya atau bermain game” tuturnya.

Berkaitan dengan berkembangnya teknologi, dr Era Catur juga menyarankan agar orang tua membatasi dalam penggunaannya. Ia menilai bahwa anak dengan menonton youtube bukkan untuk melatiha berbicara melainkan justru menjadi cikal bakal anak sulit untuk berbicara. Hal ini disebabkan karena beberapa saraf dalam tubuhnya tidak berfungsi secara langsung dalam bentuk sentuhan. Padahal dalam mendidik atau mengajarkan seperti berbicara perlu adanya sentuhan sebagai salah satu upaya mendorong anak untuk berbicara. 

Hal ini senada dengan Kartika Ayuningtyas selaku sekretaris umum dari Nasyi’atul Aisyiyah bahwa dengan diselenggarakannya seminar ini karena melihat fenomena perkembangan teknologi yang berdampak pada pola perkembangan anak. Di lain sisi, Kartika juga memandang bahwa sepatutnya tidak ada lagi perbedaan dalam pola asuh anak dari berbagai sisi seperti antara yang di desa maupun di kota, semua berhak memiliki dan mendapatkan ilmu ini demi perkembangan mental anak yang jauh lebih baik. 

Serangkaian acara ini ditutup dengan pemberian doorprize untuk peserta yang bertanya dan 2 peserta yang datang lebih awal. Selain itu, dalam rangkaian acara seminar ini juga menggelar bazar yang diselenggarakan di halaman Masjid Darussalam Sukodadi dengan pasrtisipasi dari kalangan ibu-ibu Aisyiyah maupun Nasyi’atul Aisyiyah.

Sekretaris Umum Nasyi’atul Aisyiyah, Kartika berharap dengan diadakannya acara seminar maupun bazar ini menjadi salah satu jalan untuk masyarakat terutama dari kalangan ibu-ibu agar tergerak untuk maju dan jangan ada sekat perbedaan antara orang desa dan kota karena sejaitnya semua berhak mendapatkan ilmu. (dini)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Dalam QS Al Qomar ayat 17, 22, 32 dan 40 Allah menegaskan bahwa "Da....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Air Minum Dalam Kemasan Suli - 5 dilaunching. Air minum kemasan siap dig....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah - Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten ....

Suara Muhammadiyah

29 June 2024

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Ada yang menarik dalam pembukaan Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-23 Ika....

Suara Muhammadiyah

17 December 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Rumah Pintar Matahari (....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah