SBMPTMu Buka Peluang Calon Maba yang Tidak Lolos UTBK-SNBT

Publish

14 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
155
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, harapan untuk melanjutkan pendidikan tinggi tetap terbuka lebar. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah (SBMPTMu) 2024  hadir sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh pelajar dan orangtua/wali. Seleksi bersama ini menjadi peluang besar bagi para calon Mahasiswa Baru (Maba) untuk bisa bergabung di Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah yang juga tidak kalah kualitasnya dengan Perguruan Tinggi Negeri

SBMPTMu ini sendiri merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) yang diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Dinasti Pudang Binoriang, M.Kep., Ns., Sp. Kep.Kom selaku panitia SBMPTMu sekaligus Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyampaikan bahwa sebagai kaum terdidik tentunya memiliki kemampuan analitik yang tajam, tentu harus bersemangat dalam memperjuangkan mimpi untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. 

“Dengan adanya program seleksi ini menjadi alternatif yang menjanjikan untuk calon mahasiswa baru dalam menggapai cita-cita. Seperti pepatah “banyak jalan menuju roma”, maka salah satu jalan yang terbuka lebar untuk mewujudkan cita-cita saudara adalah melalui SBMPTMu,” tutur Pudang saat dihubungi tim humas via Whatsapp Pada Jum’at (14/6).

Program SBMPTMu ini mencakup 122 Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah (PTMA) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menawarkan lebih dari 500 program studi. Ini menjadi peluang emas bagi calon mahasiswa untuk bisa diterima di program studi yang diimpikan. Adapun pendaftarannya terbagi menjadi dua gelombang di tahun 2024 ini.

Pendaftaran SBMPTMu saat ini telah memasuki gelombang kedua dengan jadwal sebagai berikut: Program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi, pendaftaran dari 20 Mei - 16 Agustus 2024, dengan pengumuman pada 23 Agustus 2024. Program studi lainnya, pendaftaran dari 20 Mei - 16 Agustus 2024, dengan sistem pengumuman layanan satu hari (One day service).

Kemudahan dalam proses pendaftaran menjadi salah satu keunggulan SBMPTMu. Calon mahasiswa hanya perlu mengunggah nilai rapor semester 1-5, pas foto berwarna, serta kartu identitas (KTP/ Paspor/ SIM). Langkah ini memudahkan calon mahasiswa untuk memilih PTMA tujuan, baik di dalam maupun di luar domisili. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi SBMPTMu di https://daftar.sbmptmu.id dan mengikuti alur pendaftaran mulai dari pengisian formulir hingga pengumuman kelulusan sesuai dengan PTMA yang dipilih.

Peserta yang memilih program studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi memiliki kesempatan untuk memilih tiga program studi di PTMA yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat. Sementara itu, peserta yang memilih program studi lainnya dapat memilih hingga empat program studi pada PTMA yang sama atau berbeda di seluruh Indonesia.

Kesuksesan Gen Z dalam meraih gelar sarjana memerlukan persiapan yang matang, dimulai dari memilih perguruan tinggi yang tepat berdasarkan reputasi, infrastruktur, lokasi, biaya, dan potensi diri. Semua variabel tersebut tersedia lengkap di 122 PTMA yang menjadi bagian dari SBMPTMu 2024. 

“Dengan slogan ‘Satu SBMPTMu untuk Indonesia’, diharapkan dapat membantu mengantarkan generasi muda menuju Indonesia Emas 2045, penuh dengan semangat dan kesiapan yang matang,” tutup Pudang  (DA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd mendo....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar akan menggelar Panrita Ta....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah – Hari Ahad, 18 Februari 2024, bertempat di Ruang Serbaguna Universi....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

JEMBRANA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Pimpinan Daerah Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Keberadaan Majelis Taklim (MT) At-Taubah Pimpinan Ranting Aisyiy....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah