SD Muhammadiyah Manyar Lolos 20 Besar Semifinal Kalbe Junior Scientist Award

Publish

27 March 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
325
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Dengan bangga, kami mengumumkan bahwa dua tim dari SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik telah berhasil melangkah ke 20 besar semifinal Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2024. Kompetisi ini diadakan untuk menumbuhkan semangat inovasi di kalangan pelajar muda Indonesia.

Tim pertama, yang terdiri dari Kayyisah Zarifah Mazaya Kisna, Athiyah Fahitah, dan Idelia Sakhi Hermawan, telah menciptakan inovasi "Panic Button", sebuah alat anti-perundungan yang unik. Alat ini dirancang untuk mengirimkan notifikasi ke telegram orang tua dan guru dengan informasi tentang lokasi dan identitas siswa yang mengalami perundungan, memungkinkan respons cepat terhadap situasi tersebut.

Tim kedua, yang terdiri dari Nawal Aghla Mahesvari, Alham Fathuddin Ghaisan, dan Nusaiba Layyana Mazea Syafir, mempersembahkan inovasi "Magic FC". Alat ini memberikan solusi bagi para disabilitas dan lansia yang mengalami kesulitan bergerak dan berbicara. Dengan mengoptimalkan penggunaan kelima jari, Magic FC memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi hal-hal dasar dengan orang-orang di sekitarnya, menjadikan kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Reni Dwi Astuti, ibu dari Athiyah Fahitah, " Sebagai orang tua  memberikan dukungan penuh terhadap persiapan dan partisipasi dalam kompetisi ini. Ia menekankan pentingnya pemahaman tentang perundungan dan dasar-dasar penciptaan alat tersebut. 

Athiyah Fahitah sendiri berbagi bahwa alat mereka sangat membantu dalam pencegahan perundungan, dengan harapan aplikasi alat ini dapat diperluas hingga ke fasilitas publik.
Ria Pusvita Sari selaku, Kepala sekolah menyatakan," rasa syukur atas capaian ini dan menekankan pentingnya dukungan penuh dari guru pembina dalam mendampingi siswa-siswa ini. 

Pengalaman ini dianggap sebagai hal yang berharga bagi siswa dan guru dalam mendorong terciptanya inovasi pembelajaran yang bermanfaat bagi lingkungan.

Kita semua didorong untuk terus mendukung semangat inovasi dari Tim Alpha Centauri dan Magic FC di semifinal KJSA 2024. Keberhasilan mereka tidak hanya menjadi kebanggaan bagi SD Muhammadiyah Manyar Gresik, tetapi juga menjadi inspirasi bagi pelajar di seluruh Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi. 

"Semoga  sukses dalam perjalanan para siswa dan mari kita berdoa untuk kesuksesan para siswa. Semangat dan sukses untuk semua," ucapnya. (Hendra Apriyadi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -  ”Kita diberi kekuatan dan kesempatan untuk melaksanakan....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Magister Manajemen UAD Batch 13 Kelompok 1 melaksana....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Metro sukses adakan M....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh pa....

Suara Muhammadiyah

7 April 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Syahrul Amsari tokoh muda Muhammadiyah Sumatera Utara diberi keper....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah