SD Muhammadiyah PK Kottabarat Juara Kompetisi Video Pendek di UGM

Publish

27 May 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
143
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo berhasil meraih juara 3 kompetisi video pendek bertema "Circular Economy Voices" yang diselenggarakan oleh Institute of International Studies (IIS) Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dengan Partnership for Action and Green Economy (PAGE) melalui UNDP Indonesia dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/BAPPENAS) Republik Indonesia.

Pengumuman pemenang dilakukan bersamaan dengan kegiatan workshop "Mainstreaming Circular Economy for Transformative and Sustainable Change" yang digelar oleh IIS UGM di Auditorium Lantai 4 Fisipol UGM, Senin (6/5/2024). Sertifikat penghargaan dengan nomor: 4045/UN1/FSP/SETDEK/DL/2024 dikirimkan melalui surat elektronik dan diterima pihak sekolah, Sabtu (25/5/2024).

Koordinator program sekolah sirkular SD Muhammadiyah PK Kottabarat, Lusia Wahyu Purbowati, menyampaikan bahwa video yang dilombakan berjudul "Pilah Sampah, Sekolahku Indah". Ide pembuatan video berasal dari pengalaman keseharian terkait dengan pengelolaan sampah di sekolah.

"Melalui program sekolah sirkular, kami mengedukasi warga sekolah untuk memilah sampah. Beberapa sampah bisa didaur ulang dan dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai ekonomi," ujarnya.

Program edukasi kepada warga sekolah, pemilahan sampah, dan pemanfaatan sampah menjadi bernilai ekonomis ini menjadi ruh dari video yang diikutsertakan dalam kompetisi video pendek IIS UGM.

"Selain mengikuti kompetisi, kami juga sekaligus ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dimulai dari unit terkecil, yaitu keluarga. Sosialisasi yang efektif melalui sekolah sebagai lembaga edukasi," ungkap Lusi.

Lusi juga menyampaikan bahwa kompetisi video pendek digelar secara terbuka melalui akun Instagram sekolah. Hal ini tentu sangat strategis karena sosial media memiliki jangkauan yang luas dan bisa diakses dalam jangka waktu yang lama.

"Kami bersyukur, meskipun belum menjadi yang terbaik, tetapi program sekolah sirkular yang terangkum dalam kompetisi video pendek tersebut mendapatkan apresiasi dari lembaga yang kredibel," pungkasnya.

Dalam kompetisi tersebut, juara 1 diraih SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, juara 2 diraih SD Semut-Semut The Natural School Depok, dan juara 3 diraih SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo. (Arifin)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  kembali menerima 3 ....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - H Sunaryo Sekretaris PRM Mertoyudan secara mufakat terpilih sebagai n....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - SD IT Muhammadiyah Palangka Raya, yang berada di Jalan RTA Milono....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Rabu (13/9/2023) menggelar sil....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Setelah pengukuhan anggota tiga majelis Pimpinan Cabang Muhammad....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah