SD Plus Muhammadiyah 1 Waru Cetak Generasi Qur'ani

Publish

21 June 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
214
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PAMEKASAN, Suara Muhammadiyah - SD Plus Muhammadiyah 1 Waru Pamekasan sukses melaksanakan wisuda tahfidz sebanyak 32 Siswa dengan berbagai jumlah hafalan dan lepas pisah kelas 6 tahun ajaran 2023-2024. Acara ini berjalan dengan lancar dengan berbagai runtutan acara yang telah dipersiapkan.

Sembari tamu undangan dan wali murid datang, mereka disambut dengan pembacaan surah Maryam ayat 31-35 dengan nada Jiharka yang biasa diajarkan di setiap hari ketika jam tahfidz bersama. 

Setelah pembacaan Al-Qur'an, tim Drumband Mutu terdiri dari Abang kakak kelas 4 dan 5 memainkan alat-alatnya dari jalan raya hingga pintu utama sekolah untuk mengantarkan Abang kakak yang wisuda tahfidz serta kelas 6 menduduki tempatnya masing-masing. Kemudian acara dimulai dengan dipandu oleh 3 MC dari kelas 4 dan 5 menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa inggris.

"Saya selaku sebagai Kepala sekolah, mengucapkan congratulation kepada Abang kakak yang akan di wisuda hafalan Al-Qur'annya dan abang kakak kelas 6 yang lulus dan akan meninggalkan sekolah," ujar Ustad Samsul Arifin, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah ketika memberi sambutan, Kamis, 20 Juni 2024. 

Kemudian Bapak Aziz Ashari selaku ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan juga memberikan sambutannya, "Kami berharap putra putri Bapak Ibu menjadi generasi muda yang akan melanjutkan kepemimpinan di masa yang akan datang, serta juga memberikan arahan agar terus bisa menghidupi Perserikatan Muhammadiyah".

"Saya ucapkan selamat bagi anak kelas 6 yang akan lulus dan anak yang wisuda tahfidz karena anda ini sedang mempersiapkan tempat terbaik yaitu Surga untuk orang tuanya kelak", Tambah Bapak Aziz Ashari di akhir sambutannya.

Acara kali ini juga dihadiri oleh Pengurus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Waru Pamekasan, pihak Koramil dan juga Perwakilan dari Kepala Puskesmas Waru serta beberapa tokoh masyarakat sekitar sekolah.

Prosesi wisuda tahfidz menjadi sangat haru ketika Abang kakak peserta tahfidz menghampiri orang tuanya, mereka memeluk serta sungkem dengan menderai air mata membuat orang tuanya pun tak tahan membendung air matanya. Prosesi wisuda tahfidz ini berakhir setelah mereka kembali ke atas panggung dan menyanyikan sebuah lagu. 

Acara kemudian berfokus pada kelas 6. Setelah pemanggilan satu persatu Abang kakak kelas 6 untuk mendapatkan sertifikat, medali dan buku kenangan, mereka naik ke atas panggung untuk menyanyikan lagu "Laskar pelangi" karena angkatan kali ini disebut dengan angkatan laskar pelangi kemudian menyanyikan beberapa lagu lainnya.

Abang kakak mulai menangis haru ketika beberapa dari mereka menyampaikan pesan kesannya kepada guru-guru dan sekolah yang akan ditinggalkannya. Kemudian semakin menjadi-jadi tangisnya ketika Ustad Samsul Arifin selaku kepala sekolah memasrahkan kembali Abang kakak kepada orangtuanya. Beliau menyampaikan pesan dengan tersedu-sedu agar Abang kakak tetap melanjutkan pendidikan, tetap melakukan murajaah hafalan Al-Qur'an nya serta berbakti kepada orang tua.

Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah dengan berbagai kategori, yaitu Murid berprestasi akademik, berprestasi non akademik, tahfidz terbaik, good attitude, penulis terbaik serta lulusan terbaik

Doa dan berfoto-foto bersama menjadi penutup acara wisuda tahfidz dan lepas pisah kali ini. Semua peserta wisuda serta wali murid berbahagia menampilkan senyum terbaik ketika berfoto ria.

Menjadi harapan besar juga bagi sekolah agar bisa terus mencetak anak-anak para penghafal Qur'an di lingkungan SD Plus Muhammadiyah 1 Waru Pamekasan, dan ini merupakan kegiatan Wisuda Tahfidz yang II. (Sulfaini)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

VIETNAM, Suara Muhammadiyah – Mengawali tahun 2024 ini Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) ke....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta mengadak....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengadakan acara penyambutan....

Suara Muhammadiyah

15 September 2023

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Di tengah acara Munas Tarjih ke-32, Al Yasa Abubakar salah satu pem....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhamma....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah