Sebelum 1936, Muhammadiyah Telah Berdakwah di Pendowoharjo

Publish

16 September 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
534
SK Muhammadiyah Pendowoharjo 1936

SK Muhammadiyah Pendowoharjo 1936

Sebelum 1936, Muhammadiyah Telah Berdakwah di Pendowoharjo

Pendowoharjo saat ini adalah salah satu kalurahan di Kapanewon/Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Muhammadiyah di Pendowoharjo saat ini terdiri 2 ranting yaitu PRM Pendowoharjo Barat dan PRM Pendowoharjo Timur.

Kedua ranting ini, bersama PRM Timbulharjo merupakan bagian dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sewon Selatan, PDM Bantul. Pekan ini grup WA Muhammadiyah Sewon Selatan gayeng, karena Ketua PCM Rusman Hadi memposting dokumen lawas Surat Pengukuhan Pengurus Muhammadiyah Pendowo yang terbit di zaman colonial.  

Surat dengan KOP “Hobbestier (HB) Moehammadijah Grop Pendowo Ranting Djagang Kauman Djogdjakarta ing Ngajogdjakartahadiningrat” ini, tertanggal 8 Dzoelhidjdjah 1354 H/15 Pebroeari 1936 M. Dokumen yang memuat Daftar Kepengoeroesan ini ditetapkan di Pendowo Sewoen Bantoel, dan ditandatangani oleh Penoelis Raden Atmodihardja.

Daftar pengurus yang tertulis dalam dokumen ini meliputi, Pangajoman (Ali Shahar dan Nitimenggolo), Ketoea (Sastrasendjoja), Wakil Ketoea (Abdullatib), Penoelis (Raden Atmodihardja), Wakil Penoelis (Doellah Soemardi), Kauwangan (Padmowidjoja), Wakil Kauwangan (Amat Asim), Anggauta (Hardjasoepadma, Tomodimedja, Abdoellah Moersidi, Karjaredja, Amat Moekidi).

Berdasarkan dokumen ini, pada tahun 1936 Muhammadiyah Pendowoharjo masih menjadi bagian dari Ranting Djagang Kauman Yogyakarta. Melalui dokumen ini dapat pula diketahui bahwa gerakan Muhammadiyah telah ada di Pendowoharjo Sewon Bantul sejak sebelum 1936.

Muhammadiyah di Kecamatan Sewon

Pada tahun 1990, Siti Bahiroh (sekarang pengurus PP Aisyiyah) pernah melakukan penelitian mengenai Sejarah Muhammadiyah di Kecamatan Sewon. Melalui wawancaranya dengan H. Surodjo (Bagian Pendidikan PCM Sewon Utara) dan H. Asrori Ismail (Bagian Pendidikan PCM Sewon Selatan), terungkap bahwa di tahun 1952 di Kecamatan Sewon sudah ada organisasi Muhammadiyah, tetapi baru tingkat ranting yaitu Ranting Muhammadiyah Salakan dan Ranting Muhammadiyah Krapyak. Kedua Ranting ini menjadi bagian dari Cabang Muhammadiyah Karangkajen, Kotamadya Yogyakarta.

Demikian pula di bagian Selatan Kecamatan Sewon, tepatnya di Kalurahan Pendowoharjo juga sudah ada 1 Ranting Muhammadiyah yang masih bergabung dengan Cabang Muhammdiyah Bantul, yaitu Ranting Muhammadiyah Pendowoharjo. Karena ketiga ranting itu berada dalam satu wilayah Kecamatan Sewon, dan dalam Anggaran Dasar Muhammadiyah sudah memenuhi syarat untuk berdirinya sebuah cabang, maka Ranting Muhammadiyah Salakan, Krapyak, dan Pendowoharjo bergabung menjadi Cabang Muhammadiyah Sewon.

Saat itu Cabang Muhammadiyah Sewon diketuai oleh H. Wasir Nuri dengan kegiatannya berpusat di Masjid An-Ni’mah Salakan. Keterangan yang diperoleh penulis, Cabang Muhammadiyah Sewon berdiri pada tahun 1960, melalui Surat Keputusan PP Muhammadiyah Nomor 1463 tanggal 18 November 1960.

Selanjutnya karena luasnya wilayah dan semakin berkembangnya Muhammadiyah di Sewon yang ditandai dengan bertambahnya jamaah dan tumbuhnya amal usaha, maka berdirilah Ranting Pandean, Ranting Timbulharjo. Selain itu dilakukan pemekaran Pendowoharjo menjadi Ranting Pendowoharjo Barat dan Ranting Pendowoharjo Timur.

Dengan demikian, di Kecamatan Sewon ada 6 ranting yang berarti memenuhi syarat untuk menjadi 2 Cabang Muhammadiyah. Maka melalui Surat Ketetapan PP Muhammadiyah No. M. 2810/Tib/1972, tanggal 6 Agustus 1972 resmi berdiri Cabang Muhammadiyah Sewon Selatan yang membina 3 ranting yaitu Pendowoharjo Barat, Pendowoharjo Timur, dan Timbulharjo. Sedangkan Cabang Muhammadiyah Sewon Utara pada saat itu terdiri dari Ranting Muhammadiyah Salakan, Krapyak, dan Pandean.

Yudha Kurniawan, Kader Tapak Suci Bantul, Ketua MPK PCM Sewon Selatan


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Khazanah

Apakah Islam Mengistimewakan Arab di atas Non-Arab? Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Khazanah

Dari Darus-Salam Menuju Darus-sosialis: Cara Pak Kasman Memahami Perempuan dalam Islam Oleh: M....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Khazanah

Pemikiran Hasan Al-Banna (Bagian ke-1) Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas ....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Khazanah

Apa Gunanya Hadits? (Bagian ke-2) Oleh: Donny Syofyan Hadits adalah sumber penjelasan Al-Qur&rsquo....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Khazanah

Pemikiran Hasan Al-Banna (Bagian ke-3) Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas ....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah