Selamat! Lulusan Muhammadiyah Peraih Beasiswa Cendekia BAZNAS Terbaik

Publish

25 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
93
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Nur Asyifa Fauziyah, Alumni Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), disematkan menjadi Lulusan Beasiswa Cendekia Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Terbaik di Auditorium H. M. Rasjidi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Selasa (23/07/2024).

Penyematan tersebut dilakukan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam kegiatan Peluncuran Beasiswa Cendekia BAZNAS Dalam Negeri dan Ma'had Aly 2024. Penyematan ini disaksikan oleh Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum, SE, MIDEc, Ak, CA, CPA, CWM, dan jajaran Pimpinan BAZNAS RI. 

Saat dihubungi melalui pesan singkat pada Rabu (24/07/2024), Syifa mengaku tidak menyangka dapat lulus dengan predikat cumlaude di FAI UMJ dan disematkan menjadi salah satu Lulusan Beasiswa Cendekia BAZNAS Terbaik.

"Alhamdulillah, perasaan saya sangat senang dan terharu. Jujur, momentum tersebut tidak pernah saya sangka-sangka, apalagi acaranya dihadiri oleh Menteri Agama yang kebetulan mengalungkan simbol penyematan ke saya secara langsung," katanya.

Alumni Prodi Pendidikan Agama Islam itu, menyampaikan bahwa tidak ada tips khusus ketika belajar dan mengejar sesuatu. Namun, ia punya ambisi dan tekad yang kuat sehingga hal ini menjadi modal penting untuk memanfaatkan segala peluang positif yang ada, layaknya menerima beasiswa dari BAZNAS.

"Dari modal tersebut saya manfaatkan bahwa sesuatu yang terlihat tidak mungkin, maka akan menjadi mungkin, jika punya tekad yang kuat. Baiknya, jangan pernah iri dan membandingkan pencapaian ke orang lain, serta fokus ke diri sendiri. Lalu, jangan pernah lelah untuk belajar dan mencoba," jelas Syifa.

Syifa berharap, dengan nilai IPK 3.86 dan penghargaan yang diraih dari BAZNAS dapat dijadikan batu loncatan di dunia kerja. "Mudah-mudahan predikat ini bisa mendatangkan rezeki yang halal, baik, dan berkah untuk saya," pungkasnya. 

Melalui pesan singkat juga, Dosen Mentor Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Dr. Endang Rudiatin, M.Si. mengapresiasi prestasi yang diraih Syifa. Pasalnya, Syifa layak mendapatkan penghargaan atas upayanya melaksanakan tanggung jawab sebagai penerima BCB. 

"Ia memenuhi kewajiban mengikuti mentoring dan ikut semua kegiatan yang dilaksanakan BAZNAS maupun UMJ. Ia juga termasuk dalam mahasiswa yang mudah diarahkan dan tidak pernah menolak tugas," jelasnya.

Ia juga mengutarakan apresiasi kepada BAZNAS karena sangat peduli dengan perkembangan mahasiswa penerima BCB.

"Para penerima beasiswa tersebut selalu diberi penghargaan oleh BAZNAS terhadap prestasi yang diraih, baik akademik maupun non akademik. Misalnya, Syifa yang mendapatkan dua-duanya, yaitu sukses dalam akademik dan menjadi wirausaha," ujar Endang.

Dosen Administrasi Publik UMJ itu, membeberkan bahwa mentoring dan pembinaan yang dilakukan BAZNAS terhadap mahasiswa penerima BCB sudah tersistematis.

"Oleh karena itu, para mahasiswa bila konsisten mengikuti kegiatan tersebut dengan konsisten, inshaallah menjadi pribadi yang tangguh dan tetap menjunjung tinggi akhlak mulia," terangnya. 

Endang berharap, Syifa dan mahasiswa penerima BCB memiliki bekal untuk menjadi sarjana yang sukses dengan pribadi yang baik, bermanfaat bagi keluarga, dan masyarakat.

"Alhamdulillah ketrampilan entrepreneur mereka juga berkembang. Hampir separuh lulusan BCB UMJ punya usaha setelah lulus, walaupun di antara mereka tetap menjalankan profesinya sebagai guru, tenaga kesehatan, atlet ataupun akuntan," tutup Endang.

Selain Syifa, terdapat sembilan alumni dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang menjadi mitra BAZNAS dalam penerimaan BCB. Alumni ini juga disematkan sebagai perwakilan Lulusan Beasiswa Cendekia BAZNAS Terbaik 2024.

Sebelumnya, Syifa berhasil menyelesaikan kuliah di FAI UMJ dalam rentan waktu 3,5 tahun. Ia merupakan peserta BCB Angkatan 4 tahun 2022 UMJ.

Semenjak menerima BCB di semester empat perkuliahan, Syifa aktif dalam kepanitiaan di beberapa event besar, seperti aktif di klinik bisnis bersama Sandiaga Uno. Ia juga pernah mengikuti Kampus Mengajar Angkatan 5.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Hari Sabtu (17/2/2024), Lazismu Se-Kabupaten Sleman mengadakan Rakerda ....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Energi adalah sumber kebutuhan primer manusia untuk menjalankan aktifita....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

PULANGPISAU, Suara Muhammadiyah - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) bersinergi dengan Taman Pustak....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Memasuki usianya yang ke-14, RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka R....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – RRI Purwokerto menggelar acara dialog dan pagelaran musik yan....

Suara Muhammadiyah

27 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah