Semangat SD Muhammadiyah Panhandut Cinta Batik

Publish

3 October 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
274
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pada hari batik Nasional 2 oktober 2023 ada pemandangan berbeda terlihat di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangka Raya kalteng. Tidak hanya mengenakan baju batik, semua  murid di SD tersebut menggunakan baju batik dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, Senin (2/10/2023).

Sandra Ariyani K, SPd., selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Pahandut, mengungkapkan, tujuan pemakaian baju batik ini untuk melestarikan warisan budaya Indonesia.

"Seperti kita ketahui, ada historis dan perjuangan yang sangat panjang UNESCO menetapkan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2009. Sepatutnya, kita sebagai warga Indonesia selalu berupaya menjaga warisan budaya dengan hal-hal yang sederhana yang bisa kita lakukan," ucapnya.

Kegiatan mendesain motif batik nasional diawali dengan pawai keliling sekitaran sekolah SD Muhammadiyah Pahandut diiringi dengan Drum Band, pengenalan jenis dan motif batik daerah. Para murid diajak berinteraksi mengidentifikasi desain motif batik tiap daerah yang ada di Indonesia.

Tahap berikutnya, guru membagikan kerangka desain motif batik nasional. Desain motif batik yang dihadirkan antara lain batik kalteng, batik nasional lainnya dengan pola yang bermacam macam diantara rumah betang, batang garing serta burung tingngang,.  Dengan arahan dari guru, para murid mulai berkreasi dan berkreativitas membubuhkan pola garis di atas kertas soft cover serta payung yang akan di motif batik.

Selanjutnya, murid memberikan sentuhan warna di atas pola garis yang telah selesai dibuat. Kombinasi warna yang dibubuhkan sesuai dengan ide kreasi para murid. Alat warna yang dipakai bisa menggunakan pensil warna, krayon, cat warna serta spidol.

Koordinator kelas I B, Yeni, menyampaikan kegiatan mendesain motif batik ini selaras dengan materi pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), yaitu membuat karya seni dekoratif.

"Pembelajaran dengan praktik langsung memiliki kelebihan di antaranya murid terlibat secara aktif dan dapat mengaplikasikan materi yang diajarkan guru secara langsung. Kami juga akan memilih tiga karya terbaik dari hasil desain motif batik yang dibuat murid untuk diberi hadiah dan diserahkan di hadapan murid yang lain," Ucapnya.

Salah satu murid kelas I B, Ahmad Hanif Al wafi, menyampaikan kegembiraannya dapat mengikuti kegiatan mendesain motif batik nasional. "banyak kreasi ulun (saya) tidak hanya dibebaskan untuk berkreasi, tetapi juga diberi pengetahuan tentang beragam jenis motif batik yang ada di Indonesia. Sebagai pelajar, ulun (saya) akan menjaga dan mempertahankan warisan budaya agar kelestarin dan keberadaan batik semakin dikenal luas," pungkasnya. (Muhammad fitriani)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Kolaborasi PWA DIY Bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  YOGYAKARTA....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Telah resmi terbentuknya Muhammadiyah Disaster Management Cen....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam mewujudkan generasi robbani yang berdaya dan berkarya, SMP Muh....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqoh (Lazismu) Universitas ....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Disaster Managemen Center Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Su....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah