Semangat “Strong Teacher” Kembangkan Profesionalitas Guru Muhammadiyah

Publish

2 January 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
368
Istimewa

Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Penentuan arah tujuan dalam pendidikan merupakan suatu hal sangat perlu dilakukan. Hal tersebut menjadi acuan dalam tim untuk melangkahkan kaki, menyatukan gerak langkah dan menyinergiskan kinerja dalam mendidik dan mengajar peserta didik juga dalam pengembangan diri guru dan karyawan.

Pada rapat kerja inilah, momentum yang sangat penting untuk menyamakan frekuensi untuk membentuk tim yang solid agar terjadinya kondisi yang harmoni sehingga diharapkan adanya peningkatan kinerja pada masing-masing guru dan karyawan. 

Rapat Kerja (RAKER) Tengah Tahun Ajaran 2023-2024 SDS Muhammadiyah 08 Plus yang diadakan pada Selasa, 2 Januari 2024, dihadiri oleh Dr. Gufron Amirullah, M.Pd, Wakil Sekretaris Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah untuk memberikan motivasi.  Tema “Strong Teacher” diangkat untuk menggelorakan semangat para guru agar capaian luaran lulusan yang berkualitas.  

Di awal sesi motivasi, narasumber menampilkan video tentang perjuangan elang dalam mempertahankan dirinya hingga dapat mencapai usia 70 tahun. Pada video tersebut, didapatkan hikmah bahwa jika ingin bertahan hidup lebih lama maka harus siap dengan adanya perubahan sebagaimana elang yang merubah kondisi bentuk tubuhnya (paruh, cakar dan bulunya). Pilihan hidup hanya dua, mati atau berubah.

”Hanya orang-orang yang siap menghadapi perubahanlah yang akan bisa lebih struggle dalam menghadapi tantangan. Siap menghadapi perubahan inilah, kunci yang harus ada pada “Strong Teacher” papar Gufron. 

Guru diingatkan pentingnya tim yang solid. ”Tim yang solid ini perlu adanya kesamaan pemikiran, penyatuan hati, adanya rasa nyaman, dan adanya kesinergisan antar lini kerja sehingga semua program sekolah dapat tereksekusi dengan baik dan dapat mencapai target indikator keberhasilan,” lanjut arahan Ketua LPPM Uhamka. 

Selain melalukan refleksi proses pendidijan di tahun 2023, pada kegiatan raker juga diisi workshop literasi. Peserta raker dilatih membaca nyaring dan pembuatan Bigbook. Guru dan karyawan sangat tertarik selama kegiatan berlangung. 

Sri Prehartini, S.Pd selaku Kepala SDS Muhammadiyah 08 Plus Jakarta berharap kegiatan profesional development guru dapat secara kontinyu dilakukan sebagai komitmen sekolah berkemajuan.  

”Sangat menyenangkan sekali kegiatan read a loud dan pembuatan bigbook. Kami mendapatkan pengalaman baru  tentang program literasi.  Alhamdulillah, recharging hari ini dapat mengasah kreatifitas dan kekompakan dalam kelompok,” tutup Cici. (Hendra Apriyadi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agam....

Suara Muhammadiyah

6 December 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Ribuan wisudawan memenuhi Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pa....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Berita

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah - Sidoarjo, bertempat di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Majeli....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bogor menerima wakaf tanah selua....

Suara Muhammadiyah

23 May 2024

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Pekalongan Peri....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah