Siap di Dunia Usaha dan Industri, UMY Bekali Mahasiswa Sertifikasi Kompetensi

Publish

7 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
680
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus menggalakan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa. Sertifikasi dilakukan melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UMY yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Adanya sertifikasi ini menunjukan bahwa lulusan UMY memiliki kelebihan dan kesiapan dalam pengembangan karir.

 “Saat ini UMY telah memiliki tiga puluh enam skema kompetensi dari berbagi program studi, yang akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri,” ujar Prof. Dr. Sukamta, wakil rektor bidang akademik UMY, pada Rabu (7/8). Sukamta menambahkan bahwa skema yang telah mendapatkan lisensi dari BNSP telah selaras dengan kurikulum outcome based education yang diterapkan di UMY sehingga mahasiswa memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat kompetensi.

Sertifikasi kompetensi merupakan proses pemberian sertifikat yang dijalankan dengan metode yang sistematis dan obyektif melalui asesmen kompetensi. Pelaksanaan asesmen merujuk kepada standar kompetensi kerja nasional, standar internasional, dan atau standar khusus lainnya. Pelaksanaan asesmen kompetensi telah diatur pemerintah dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 10 Tahun 2018.

Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa BNSP merupakan lembaga yang bertugas untuk memastikan pengembangan kompetensi di Indonesia. Berdasarkan regulasi ini, BNSP merupakan lembaga yang sah dan berwenang untuk menerbitkan sertifikasi kompetensi. Sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh BNSP sesuai dengan hasil uji sertifikasi yang diselenggarakan oleh LSP yang terlisensi.

UMY saat ini merupakan perguruan tinggi yang memiliki LSP dengan jumlah skema kompetensi terlisensi BNSP paling banyak di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan adanya sertifikasi kompetensi, mahasiswa UMY memiliki sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh BNSP dengan logo garuda emas. Sertifikat ini sekaligus menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang menjadi unique selling point mahasiswa UMY saat masuk ke dunia usaha dan industri.

Adanya sertifikasi kompetensi telah terbukti menghantarkan mahasiswa UMY menjadi lulusan yang siap masuk di dunia usaha dan industri. Berdasarkan testimoni para alumni, sertifikat kompetensi yang mereka miliki telah menjadi jembatan emas menuju karir di dunia usaha dan industri. (fj)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Fakultas Keguruan d....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

Sambut Long Weekend, SM Tower Malioboro Tawarkan Paket Promo Wisata SM Jetski YOGYAKARTA, Suara Muh....

Suara Muhammadiyah

22 May 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi menutup masa pendaf....

Suara Muhammadiyah

11 May 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah- Dalam Rangka Milad ke 60 tahun Institut Seni Indonesia Surakarta meng....

Suara Muhammadiyah

19 July 2024

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Muhammadiyah Madiun (LP....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah