Sigap Bantu Korban Rumah Roboh di PCM Citamiang

Publish

14 May 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
522
Aisyiyah Kota Sukabumi

Aisyiyah Kota Sukabumi

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah - Pada Jumat, 10 Mei 2024, sejumlah ibu-ibu Aisyiyah yang dipimpin langsung oleh Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Sukabumi, Amalia Nur Milla memberikan donasi kepada warga masyarakat yang atap rumahnya roboh. Di antaranya kepada seorang warga Muhammadiyah di Kecamatan Citamiang yaitu bapak Nendi (50 tahun) dan ibu Titin (70 tahun).

Nendi yang merupakan warga kecamatan Citamiang diketahui bahwa atap rumahnya roboh akibat gempa tektonik pada Sabtu (27/04). Gempa yang melanda wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa Barat.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat -8,42° LS; 107,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 151 km arah Barat Daya Garut, Jawa Barat, pada kedalaman 70 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Sukabumi dan Tasikmalaya dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Kemudian daerah Bandung dan Garut dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Citamiang Bersama Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS) PDA Kota Sukabumi dan PC Aisyiyah Citamiang bersama Lazismu KL Aisyiyah Kota Sukabumi berinisiatif menggalang dana, memberikan donasi untuk warga yang menjadi Korban.

Dalam sambutannya Ketua PDA Kota Sukabumi Amalia Nur Milla menyampaikan bahwa “Aisyiyah tidak akan tinggal diam jika ada saudaranya yang terkena musibah. Kegiatan ini merupakan bagian dari dakwah Kemanusiaan Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Selama ini Muhamamdiyah dan Aisyiyah memberikan bantuan bukan hanya untuk warga Aisyiyah saja. Namun juga untuk siapa saja yang membutuhkan. Baik pada bencana skala lokal, Aisyiyah Kota Sukabumi bersama Lazismu KL Aisyiyah juga memberikan bantuan kepada berbagai bencana alam maupun kemanusiaan baik di tingkat regional Jawa Barat, nasional maupun internasional.

Seperti bantuan untuk Palestina, Uighur, Muslim Myanmar dan lainnya,” ujarnya sebagai bentuk implementasi Tauhid Sosial.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua PDA Winda Hendrayati, Bendahara PDA Eli Pahrudin, Ketua MKS PDA kota Sukabumi Mariam Hasan, Wakil  Ketua PCA Citamiang Hj. Tatat Hafiz, Lembursitu, Sekretaris PC Muhammadiyah Citamiang Sutardi, serta ibu-ibu Aisyiyah dari MKS dan PC' Aisyiyah Citamiang Bersama Pengajian Aisyiyah Al Muttaqiin.

Acara diakhiri dengan doa oleh Ketua PDA, dan menghimbau agar semua yang hadir harus banyak bersyukur terhadap apa yang menimpa kita, baik itu berupa kelapangan maupun kesempitan harus yakin akan ada hikmah yang terkandung di dalamnya.

Kebaikan yang selama ini dilakukan oleh ibu-ibu Aisyiyah tetap berkelanjutan semoga menjadi catatan amal sholeh dan membawa kemaslahatan bagi umat. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SYDNEY, Suara Muhammadiyah - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti, MEd ....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada saat umat Muslim sedang bersiap untuk melaksanakan ibadah sholat ....

Suara Muhammadiyah

17 June 2024

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Metro sukses adakan M....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Wilayah Asyiyah Jawa Tengah mengad....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - “Mari kita akhiri penderitaan ini” adalah sepenggal pan....

Suara Muhammadiyah

12 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah