Silaturahmi PCM Garut Kota Hadirkan Ketua PP Muhammadiyah

Publish

22 April 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
118
Silaturahmi PCM Garut Kota Hadirkan Ketua PP Muhammadiyah. Foto Istimewa

Silaturahmi PCM Garut Kota Hadirkan Ketua PP Muhammadiyah. Foto Istimewa

Memperkuat Tali Persaudaraan dalam Keluarga Besar Muhammadiyah 

GARUT, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Garut Kota menyelenggarakan kegiatan silaturahmi ba'da Ramadhan 1445 H di Masjid Djamhari Muhammadiyah Lio. Acara yang dihadiri oleh para anggota dan simpatisan ini menjadi momentum penting untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan kebersamaan di antara mereka. (20/04/2024)

Acara ini diawali dengan sambutan hangat dari Ketua Umum PC Muhammadiyah Garut Kota, Asep Irfan, S.Ag. Dirinya berharap terjalin hubungan yang lebih erat di antara seluruh anggota. Acara ini juga, merupakan akhir sekaligus penutup dari rangkaian kegiatan Paket Ramadhan 1445 H Pimpinan Cabang Muhammadiyah Garut Kota, dilanjut dengan sambutan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut (PDM Garut) oleh Deden Wajyudin, M.Pd. (Sekum PDM Garut) sebagai yang mewakili, ia berpesan bahwa kita selaku umat muslim harus melakukan silaturahmi di setiap saat, sebagaimana yang disampaikan pada sambutannya, sebagai berikut: 

“Yang namanya silaturahmi itu kan, kegiatan yang mesti kita lakukan setiap saat. Dalam silaturahmi kan diberi simbol bersalaman, tapi dalam hal bersalaman ini ada hadits yang mengatakan bahwa Maa min Muslimina yaltaqiyaani fayatashafaani, jadi tidaklah dua orang muslim bertemu kemudian bersalaman, illa ghafura lahuma qabla an yatafarraqa kecuali dua orang itu akan diampuni dosanya sebelum berpisah. Tentunya barangkali salaman bukan hanya salaman simbolis, tangan berjabat tetapi hati tidak gitu, naah tentunya barangkali di sini juga hati kita harus ikut bersalaman sehingga dosa di antara kita setelah berjabat tangan hilang,” tutur Irfan

Adapun Narasumber acara Silaturahmi Ba’da Ramadhan ini, yaitu Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si, selaku Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kehadiran beliau memberikan warna tersendiri dan pengetahuan yang berharga bagi seluruh anggota. 

Pada penyampaian materi silaturahmi ba’da ramadhan ini, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, bahwa taqwa itu tidak hanya hablumminallah saja melainkan hablumminannas juga, karena hablumminannas sangat penting juga untuk kita laksanakan. Ada tiga ciri ketaqwaan hablumminannas: yang pertama, orang yang berinfaq tak mengenal waktu. Kedua, orang yang berakhlakul karimah. Ketiga, orang yang sabar dan tidak gampang marah. 

“Taqwa itu tidak hanya hablumminallah ibu/bapa sekalian, dalam Islam itu yang disebut dengan taqwa juga hablumminannas,tadi pak ketua itu pak PCM menjelaskan bahwa ciri-ciri taqwa yang sekarang kita bicarakan juga menyangkut hablumminannas,” ungkap Dadang.

Ada 6 ciri orang Muhammadiyah dalam Qs. Ali Imran, yaitu: beriman, sabar, jujur, dermawan, akhlak yang baik, dan bergaul dengan siapa saja dalam artian tidak membeda-bedakan. Hal ini, harus disadari oleh setiap warga Muhammadiyah terkhusus Warga Muhammadiyah Garut Kota.

Kegiatan diapresiasi oleh jamaah, mereka menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mempererat tali silaturahmi dan memperdalam pemahaman tentang Islam dan Muhammadiyah. Acara ini juga menjadi ajang untuk bertemu dengan anggota keluarga besar Muhammadiyah Garut Kota dan saling bertukar pengalaman. (Lukman/Fahrizal)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah  – Pimpinan Daerah Aisiyiyah Kota Medan melalui Majelis PAUD Da....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Perusahaan batik milik kader muda Muhammadiyah Jogja, CV. Sma....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Berita

TUBABA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten ....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus kembali menyelengggarakan upacara sumpah ....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Tim Pengadilan Agama Wonogiri mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Mon....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah