Siswa SMK MUBA Ikuti Pelatihan Penguatan Karakter Disiplin Ibadah

Publish

21 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
103
Doc. SMK Muhammadiyah Bangunjiwo

Doc. SMK Muhammadiyah Bangunjiwo

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 19 siswa SMK Muhammadiyah Bangunjiwo (MUBA) sukses mengikuti pelatihan penguatan nilai-nilai karakter dalam disiplin ibadah harian siswa berbasis self management dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK), di Masjid Hishah Assyobrami, kompleks SMK MUBA, pada Rabu (20/3).

Pelatihan selama 3,5 jam tersebut dilakukan oleh tim dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang beranggotakan Drs. H. Parjiman, M.Ag., Dr. Sutarman, M.Hum, M. Ragil Kurniawan, M.Pd., dan Drs. Darusman, M.A. Selain itu, Wakil Kepala Sekolah bidang AIK juga turut hadir menyajikan materi.

Perlunya implementasi self management dalam aktivitas ibadah sehari-hari menjadi tema utama dalam pelatihan tersebut. Selama pelatihan, situasinya nampak kondusif dan menggembirakan. Diharapkan para peserta yang turut mengikuti pelatihan nantinya menjadi mentor dan tauladan terhadap siswa lainnya.

Pelatihan tersebut berdampak positif terhadap penguatan nilai karakter siswa di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo antara lain, pengetahuan peserta meningkat, kemudian peserta pelatihan menjadi lebih memahami terkait konsep penguatan disiplin ibadah harian siswa, yakni suatu implementasi program yang memberikan makna dan adanya perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik. Selain itu mereka lebih termotivasi untuk melaksanakan ibadah harian, seperti shalat wajib 5 waktu maupun shalat sunnahnya. 

Setelah adanya pelatihan, selain mengasah keterampilan mereka, peserta menjadi lebih sehat mental spiritualnya. Hal itu terbukti dengan adanya transformasi sikap dan tingkahlaku peserta menurut Darusman. (DF/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah - Ahad 10 maret 2024 Pimpinan Cabang Aisyiyah Sempor mengadakan pelatiha....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menggelar wisuda kelima pr....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Hari ke-2 Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-23 Pimpinan Wilayah (PW) Ikat....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Santri Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang berbagi kebe....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dua Ranting Muhammadiyah Kassi dan Antang akan menggelar musyawarah r....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah