SM Akan Launching dan Bedah 70 Tahun Syafiq Mughni: Cendikiawan Melintas Batas

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
212
Istimewa

Istimewa

SM Akan Launching dan Bedah 70 Tahun Syafiq Mughni: Cendikiawan Melintas Batas 

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) pada 27 Juni 2024, Suara Muhammadiyah akan melangsungkan bedah buku dan sekaligus melaunching biografi Syafiq Mughni, seorang tokoh Muhammadiyah asal Paciran Lamongan yang saat ini didapuk sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi kerjasama dan hubungan internasional. 

Sebagai tokoh yang sejak muda dibesarkan dari bermacam sistem organisasi, pengalaman hidup seorang Syafiq Mughni tentu tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Lewat hubungan pertemanannya yang luas, membuat dirinya mampu mencapai tangga demi tangga kehidupan dan kesuksesan, bukan hanya untuk dirinya, tapi juga masyarakat secara luas. Perjalanan hidup yang dipenuhi dengan berbagai makna, mulai dari cinta, pengorbanan, keteguhan, hingga ketabahan, membawa dirinya ke usia 70 tahun sebagai tokoh yang layak diceritakan kepada generasi muda. 

Melalui buku berjudul Cendikiawan Melintas Batas: 70 Tahun Perjalanan Syafiq Mughni, semangatnya perlu terus ditularkan kepada siapa saja, khususnya kepada pembaca setia buku terbitan Suara Muhammadiyah. 70 tahun hidupnya telah menjadi tonggak sejarah besar bagi persyarikatan dan kemanusiaan universal. 

Dalam testimoninya, Prof Dr Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah mengatakan, Prof Syafiq menjadi sosok cendekiawan Muslim yang terbilang begawan jebolan UIN dalam deretan nama-nama besar bersama Prof Din Syamsuddin, Prof Amin Abdullah, Prof Azyumardi Azra (alm), Prof Komaruddin Hidayat, Prof Bahtiar Effendi (alm), dan lain-lain. Kecendekiawanan dan pengalamannya dalam kegiatan dialog antariman (interfaith) ikut memberi warna dalam percaturan dan dinamika keislaman di Indonesia maupun di ranah global. 

Ketika jabatan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban kosong setelah Prof Din Syamsuddin mengundurkan diri tahun 2018, pada saat Pimpinan Pusat Muhammadiyah diminta penggantinya maka tidaklah sulit mencari nama, sebab ada Prof Syafiq A. Mughni yang mumpuni untuk menggantikannya. Suatu posisi yang penting untuk peran menyiarkan pemikiran maupun praksis keislaman Indonesia baik di tingkat nasional hingga ke ranah global. Apabila dimanfaatkan secara maksimal, posisi tersebutjuga dapat memperluas peran Muhammadiyah di kancah nasional dan global untuk pengembangan dialog dan kerjasama antaragama dan antarperadaban sejalan pandangan Muhammadiyah sebagaimana tugas utamanya posisi tersebut. 
Untuk mendapatkan buku ini, Anda bisa memesannya di Toko Suara Muhammadiyah melalui nomor  088-8283-2480/0819-0418-2008. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Jambore MCC/LKSA Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Jawa Tengah BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Kontingen ....

Suara Muhammadiyah

4 July 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Pemerintah Malaysia merenca....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin dan PCM Banjarm....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Sukoharjo menggelar ke....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang menduduki posisi pertama capaian propos....

Suara Muhammadiyah

4 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah