SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Resmikan Museum Mini

Publish

21 November 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
280
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TANGSEL, Suara Muhammadiyah - Museum Mini menjadi destinasi wisata pembelajaran oleh 'Komunitas Sejarah' atau disebut  'Ngejarah' SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang pada hari Minggu tepatnya (21/11/2023). Kegiatan ini difasilitasi oleh kedua guru sejarah di 25 yaitu, Arif Budianto, S.Pd. dan Meita Dwijayanti, S.Pd.

“NGEJARAH” merupakan akronim dari Ngetrip, Ngobrol Seputar Sejarah. 'Ngejarah' merupakan upaya untuk mendekatkan Sejarah kepada anak anak-anak di SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang. Agar tidak terkesan membosankan, kegiatan ini di kemas dengan berbagai macam kegiatan.  Diantara kegiatan tersebut yaitu,  membuat forum group diskusi untuk membahas tema-tema sejarah yang tidak pernah di bahas di dalam kelas, Nonton bareng film mengenai sejarah, dan field trip museum serta dengan mengunjungi objek-objek sejarah yang mulai tergerus oleh perubahan zaman.

"Harapan kedepannya agar dengan adanya komunitas ‘NGEJARAH’ anak-anak bisa merespon persoalan kita hari ini dengan perspektif sejarah, bahwa hidup memang di jalani kedepan tetapi juga di pahami ke belakang,"ucap Arif Budianto.

Menurut Meita Dwijayanti sebagai fasilitator komunitas ini adanya, Komunitas Ngejarah ini bertujuan untuk mewadahi ketertarikan anak-anak di SMA Muhamadiyah 25 Setiabudi terhadap Sejarah Pamulang.

Project Museeum Mini ini mengankat Tema Pergerakan Nasional, dengan tujuan mengajak semua yang hadir berwisata ke masa lalu mengenal gerakan organisasi pergerakan Nasional seperti Budi Utomo, Muhammadiyah, Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, Partai Nasional Indonesia dan Sarekat Islam.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang kompetisi Piala Soeratin yang serentak dilaksanakan di se....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

MADINA, Suara Muhammadiyah - Ide brilian dari sekelompok anak-anak muda di Ranting Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya pada hari Sabtu, 18 Syawa....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi pe....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Kadipaten Wetan dan Ngasem, ....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah