SMA Muhi Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Maroko

Publish

11 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
177
Kepala sekolah dan perwakilan Siswa SMA Muhi Yogyakarta menyerahkan bantuan untuk korban gempa Marko kepada Lazismu Kota Yogyakarta

Kepala sekolah dan perwakilan Siswa SMA Muhi Yogyakarta menyerahkan bantuan untuk korban gempa Marko kepada Lazismu Kota Yogyakarta

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Musibah gempa bumi di Maroko menjadi duka bagi seluruh umat muslim di dunia. Gempa bumi 6,8 SR dengan kedalaman yang dangkal pada Jumat (8/9/2023) membuat kerugian jiwa dan materi yang banyak. 3.000 orang meninggal dan puluhan ribu orang mengalami luka-luka. Banyak di antara mereka yang kehilangan harta, benda, bahkan kehilangan jiwa saudara atau kerabatnya. Mereka yang rumahnya rusak harus mengungsi dan hidup dengan penuh keterbatasan. Kejadian ini menggugah simpati dari seluruh keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Atas musibah ini, pengurus IPM, pengurus Dewan Kerabat Penghela HW dan Lazis SMA Muhi mengadakan penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Maroko. Seluruh keluarga besar SMA Muhi diminta memberikan infak terbaiknya untuk membantu saudara-saudara yang sedang tertimpa bencana ini. Selain dari peserta didik dan Bapak/Ibu guru dan tenaga pendidikan, bantuan dana juga diperoleh dari orang tua peserta didik SMA Muhi.

Jumlah yang terkumpul untuk donasi korban gempa dan banjir ini adalah sebesar Rp 10.000.000,-. Bantuan dana dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta diserahkan kepada pengurus LazisMu Kota Yogyakarta. Penyerahan bantuan gempa bumi Maroko kepada LazisMu Kota Yogyakarta diberikan pada Selasa, 10 Oktober 2023. Kegiatan ini berlangsung di ruang kepala sekolah dengan dihadiri oleh perwakilan peserta didik dan kepala sekolah Drs H Herynugroho, MPd.

Kegiatan penggalangan dana ini dilakukan selama 2 minggu. Ada berbagai cara yang dilakukan untuk menggalang kepedulian ini. Cara tersebut diantaranya dengan membuka rekening LazisMu SMA Muhi, menempatkan kotak infak di berbagai tempat strategis dan penggalangan dana secara langsung di kelas. Kepala sekolah berharap kegiatan ini dapat memupuk rasa empati dan kepedulian dari peserta didik. Diharapkan dengan peserta didik dibiasakan sejak dini, peserta didik akan memiliki jiwa sosial kelak setelah dewasa.

“Setiap peristiwa yang terjadi, baik yang menyenangkan atau menyedihkan pasti ada hikmah yang bisa diambil. Semoga saudara-saudara yang terkena bencana bisa menerima dengan lapang dada dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut” papar Herynugroho.

Pembina IPM SMA Muhi Syadah Khusniawati, SKomI., MSI menyambut baik penggalangan donasi yang dilakukan oleh Pengurus IPM dan HW.

“Ini menunjukkan Bahwa IPM SMA Muhi adalah organisasi yang hidup. Ada bencana, lalu respon. Ini juga wujud filantropi Muhammadiyah. Anak-anak IPM sudah dibekali dengan pengalaman-pengalaman gerakkan Muhammadiyah. Alhamdulillah, terkumpul dana yang nantinya akan disalurkan melalui LazisMu Kota Yogyakarta” tuturnya. (Yusron Ardi Darmawan)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam suasana penuh berkah Ramadhan, Bulog Muhammadiyah (BulogMu) h....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Wujudkan Pemimpin Berkemajuan, PCM dan PCA Ciledug Kukuhkan Pimpinan....

Suara Muhammadiyah

24 December 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) mewisuda sebanyak 1.062 mahasis....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Berita

LPSI UAD Adakan Pengajian Bersama Ahmad Syauqi Soeratno YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pergantian....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 81 murid kelas VI SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) ....

Suara Muhammadiyah

5 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah