SMAMX Raih Medali Perak di I2ASPO, Angkat Game Based Learning Media for STEM Education

Publish

30 December 2023
sma

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
487
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - I2ASPO merupakan kompetisi bertajuk Indonesia International Applied Science Project Olympiad yang didelenggarakan IYSA bekerjasama dengan Fakultas Sains dan Analisis Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang mengundang siswa SD, SMP, SMA, dan Universitas untuk menjadi peserta agar mampu memberikan kontribusi untuk menghasilkan suatu produk yang dapat digunakan oleh masyarakat luas.

SMA Muhammadiyah 10 Surabaya lebih dikenal SMAMX melalui potensi Sains Tauhidtik mengikutkan 5 siswanya sebagai pessrta dengan mengambil teman "Game Based Learning Media for STEM Education in Special Needs Students" adalah judul penelitian yang dilakukan oleh 5 siswi kelas XI SMAMX Putri: Griselda Yusriyah Azalia, Nailah Salsabila Gitamawardi, Annisa Amelia Raihani, Suad Khalid, dan Deswinda Ayu Nayalatif. 

Penelitian tersebut dilakukan dalam rangka sebagai persaratan peserta kompetisi "I2ASPO" atau Indonesia International Applied Science Project Olympiad di ITS Surabaya pada 19-21 Desember 2023. 

Alhamdhulillah tim olimpiade SMAMX berhasil meraih medali perak kompetisi "I2ASPO" atau Indonesia International Applied Science Project Olympiad di ITS Surabaya beberapa hari yang lalu.

Menurut Ustadzah Gadis pembina potensi Sains Tauhidtik SMAMX, dalam research tersebut, Griselda dan tim mencoba menemukan solusi dari permasalahan sulitnya peserta didik berkebutuhan khusus untuk beradaptasi dengan cara belajar konvensional. 

Dari situ, mereka menciptakan sebuah mode pembelajaran berbasis game bernama "Memorize by Colour Cards" dimana siswa inklusi belajar menggunakan kartu bergambar dengan warna tertentu yang memudahkan mereka dalam mengingat materi. 

Penelitian tersebut dilakukan terhadap siswa berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah 10 dan SLB Galuh Handayani. 

Hasilnya, setelah diaplikasikan ternyata mode pembelajaran tersebut membuahkan perubhan positif terhadap peserta didik baik dari segi penerimaan materi sekaligus sikap dalam belajarnya.

"Saya berharap ke depannya potensi Sains Tauhidtik SMAMX tidak hanya mengirim tim putri saja, tapi juga tim putra agar dapat mengikuti perlombaan internasional lainnya dan menjadi best presentation maupun best poster dalam perlombaan tersebut," tambah ustdzah Gadis.

Sementara itu, Direktur MBA Spartans SMAMX Ir Sudarusman sangat mengapresiasi dan bangga kepada siswa siswi yang meraih medali perak kompetisi I2ASPO atau Indonesia International Applied Science Project Olympiad di ITS.

"Mudah-mudahan prestasi tersebut bisa memotivasi siswa yang lain untuk ikut serta dalam meraih prestasi. Terus berusaha memberikan yang terbaik serta terus mengasah ketrampilan, jangan mudah puas dengan apa yang telah didapat. Apalagi dengan jenjang yang masih SMA  pasti masih bisa meningkatkan dan mencari prestasi yang lainnya", tandas Sudarusman.  (Yuda)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul sukses menyelenggarakan kegia....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Gebrakan internasionalisasi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) ....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Menggelar Upacara Harijadi Ke-65....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendayagunaan Wakaf Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh menye....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah diterjunkan pada Rabu, (13/3) lalu, Majelis Dikdasmen PNF P....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah