SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Kembangkan Inovasi Motor Listrik Ramah Lingkungan

Publish

12 June 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
1226
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan apresiasi tinggi kepada SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta atas inovasi konversi motor plat merah menjadi motor listrik. Proses konversi ini telah dilakukan terhadap 40 motor milik beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam tiga bulan terakhir.

"Proses konversi motor plat merah ini memakan waktu sekitar 2-3 hari per unit, tergantung dari kondisi motornya," ujar Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Kustejo, di sela acara serah terima sepeda motor listrik dan peresmian Teaching Factory Konversi Sepeda Motor Listrik di Yogyakarta, Selasa (11/6/2024).

Kustejo menjelaskan bahwa konversi sepeda motor tersebut dilakukan oleh para siswa dari tiga jurusan keahlian: Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Mesin, dan Kelistrikan. Setiap unit motor listrik yang dihasilkan dilengkapi dengan satu baterai yang mampu bertahan selama tiga jam dan dapat menempuh jarak sekitar 80 kilometer.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Didik Suhardi, berharap SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dapat berkembang menjadi industri besar dalam bidang konversi motor listrik dan produksi suku cadangnya. Didik juga berharap konversi serupa dapat dilakukan oleh SMK Muhammadiyah di wilayah lain dengan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai mentor.

"Selain itu, kami berharap ke depan akan ada Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) yang dapat mengkonsolidasi hasil-hasil konversi motor listrik ini, sehingga bisa diproduksi secara massal, tidak hanya untuk motor plat merah," tambah Didik. "Ini sangat relevan dengan program pemerintah untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik."

Siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Hansya Raisya, menceritakan proses konversi yang telah dia lakukan terhadap lebih dari 40 motor bertenaga bensin menjadi motor listrik ramah lingkungan. "Proses konversi motor listrik dimulai dengan melepas mesin bensin dan semua komponen terkait dari rangka motor. Kemudian motor listrik, baterai, dan controller dipasang pada rangka motor. Sistem kelistrikan motor harus dimodifikasi agar kompatibel dengan komponen baru. Setelah semua komponen terpasang, motor harus diuji coba untuk memastikan fungsinya," jelas Hansya.

Dengan keterlibatan aktif Muhammadiyah dan inovasi dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, diharapkan proyek konversi motor listrik ini dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pengurangan emisi serta pemanfaatan energi ramah lingkungan. (Media Dikdasmen PP)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Membangun Kemitraan dengan PCM dan AUM untuk Market Produk SM Corner  CILACAP, Suara Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

23 May 2024

Berita

Kado Milad ke-111, untuk Masyarakat Riau dan Semesta PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Milad Muhammad....

Suara Muhammadiyah

23 November 2023

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Pada Tanggal 8 Januari 2024, bertempat di Balai Desa Sumbersari, Kec....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam atmosfer Ramadan yang penuh berkah, Majelis Pembinaan Kesej....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Berita

LAMTIM, Suara Muhammadiyah - Pada hari Sabtu, 10 Februari 2024, Gedung Dakwah Muhammadiyah Lampung T....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah