SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta Wujudkan Demokrasi yang Santun dan Damai

Publish

17 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
205
Doc. SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Doc. SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kegiatan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berupa implementasi kurikulum Merdeka. Salah satunya di kelas 8 adalah tema "Suara Demokrasi". Suara demokrasi dalam kegiatan implementasi P5 dimaksudkan untuk mengajarkan siswa-siswi agar mampu merefleksikan makna dan memahami implementasi demokrasi dalam lingkup organisasi sekolah maupun kondisi nyata di lingkungan masyarakat.

Pelaksanaan P5 yang ke-3 di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dilaksanakan dari Senin-Jumat, 12-16 Februari 2024. Tema yang diambil adalah Suara Demokrasi dengan topik: Berdemokrasi dengan Santun dan Damai. Kegiatan diawali dengan salat dhuha dan kultum bergantian perkelas. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan pemberian materi.

Materi P5 diberikan dari dalam dan luar sekolah. Dari luar sekolah, pemberi materi adalah Abdul Muid Badrun, SE., ME, Vonny Fitriarahmi, SP, Ganjar Sri Husodo, SPdI, Budi Jaya Putra, dan SThI, MH. Sedangkan pemateri dari dalam adalah Juwanti, MPd, dan Wahyu Cholivah, SPd.

Masing-masing pemateri menyampaikan materi sesuai dengan multidisiplin ilmunya. Abdul Muid Badrun menyampaikan materi Demokrasi dan Kepemimpinan, Vonny Fitriarahmi membedah film demokrasi, Ganjar Sri Husodo memberi materi Media Kampanye, Budi Jaya Putra menjelaskan Keorganisasian dan Sistem Pemilihan di IPM. Sedangkan Wahyu Cholivah mendampingi Orasi Calon formatur dan dialog interaktif dari PR IPM SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan Juwanti mengarahkan tentang kampanye dan pesta demokrasi.

Selain pemberian materi yang dilakukan siswa adalah membuat slogan ajakan memilih, pembuatan video kampanye, pembentukan tim sukses, mengerjakan LK yang didampingi oleh wali kelas dan pendamping.

Untuk memeriahkan kegiatan Projek 3 Suara Demokrasi juga ada pementasan Pembacaan Puisi dengan tema demokrasi oleh Embun Cahaya Bumi kelas 8 Bahasa dan Rahma Rizqi Kurnianto kelas 8 saintek. Dan juga turut hadir penyanyi dari Guru dan Karyawan SMP Muhammadiyah 2 YK yaitu Bangun Tjatur Prasetyo,S.Pd dan Noviani Sumardiyanti,A.Md.Kep.

Kegiatan penutupan disampaikan ketua terpilih yaitu Carrisa Aqila A dari kelas 8E Bahasa.  Ibu Ferra Fijantari,S.Pd selaku ketua projek P5 menutup acara P5 suara demokrasi  dan foto bersama team projek P5. 

Dengan adanya kegiatan P5 suara demokrasi kelas 8 Naning Hidayati, SPd., MPd berharap seluruh siswa semakin memahami proses pemilihan pemimpin yang adil dan terbuka. Selain itu, mereka juga paham bagaimana alasan seorang pemimpin tersebut dipilih. Tentunya mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PABELAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kota Sura....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah - BERAU, Suara Muhammadiyah - Muhammad Bayu, Rektor Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mentalitas unggul harus dimiliki oleh civitas akademika Universitas Mu....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kafilah SMP Muhammadiyah 1 Moyudan, Sleman....

Suara Muhammadiyah

1 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Gelaran Liga 3 Nasional 2023/2024 resmi bergulir, dengan fase grup ....

Suara Muhammadiyah

1 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah