Songsong Idul Adha 1445, BMT UMY Selenggarakan Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban

Publish

27 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
393
Idul Adha 1445 H

Idul Adha 1445 H

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ahad, 26 Mei 2024, bertempat di SDMU Al-Falah Gunungkidul, BMT UMY dan PCM Girisubo menyelenggarakan pelatihan penyembelihan hewan qurban. Kegiatan pelatihan ini berlangsung dari pukul 07.30 sampai dengan 13.00. Acara ini diikuti oleh 190 takmir masjid dan praktisi dakwah se-Girisubo dan Rongkop.  

Wismanto Ketua PCM Girisubo mengungkapkan bahwa hal yang melatar belakangi diselenggarakannya pelatihan ini adalah keprihatinan para takmir masjid di Girisubo dan Rongkop atas kurang layaknya pelaksanaan penyembelihan qurban dimasjid- masjid kampung. Banyak kasus terjadi dilapangan tentang proses menjatuhkan hewan yang masih tradisional dengan model menganiyaya hewan. Ada juga kasus hewan disembelih sampai berulang-ulang tapi belum mati. Hal- hal tersebut perlu mendapat respon oleh pengurus Muhammadiyah di Girisubo dengan mengadakan pelatihan dalam rangka mengedukasi warga Masyarakat.

Muhammad Nova Hakim Koordinator acara dari Lazsimu BMT UMY dalam sambutanya menyampaikan bahwa Kerjasama dengan PCM Girisubo sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa tahun. BMT UMY selalu hadir mendampingi PCM Girisubo dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat baik dibidang dakwah maupun social. Nova berharap acara ini memberikan banyak manfaat bagi warga Masyarakat di Girisubo dan Rongkop.

Hadir dalam acara ini Ust. Gunarto selaku pemateri dengan paparan fikih qurban maupun Teknik penyembelihan hewan qurban standar juleha (juru sembelih halal).  Turut hadir Ketua PCM Rongkop, Ketua MUI Girisubo, Dewan Masjid, Lurah Nglindur dan sejumlah tokoh Masyarakat. Acara ini diakhiri dengan makan bersama dengan menu tongseng dan tengkleng kambing hasil penyembelihan peserta pelatihan. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Kepala SMP DIMSA Sragen, Wibowo Juli Saputro, M.Pd menandatangani Not....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebagai sekolah penggerak, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta atau serin....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - SMK Muhammadiyah 2 Sleman menjadi saksi dari momentum penting dalam org....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di SM Tower, dalam acara Ruang Dialog BPKH: Harmonisasi P....

Suara Muhammadiyah

17 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah- Dalam rangka mengatasi permasalahan sampah, UM Bandung melalui Lembaga ....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah