Studi Banding Trenlan “Miftahul Jannah” ke Day Care Lansia Aisyiyah Yogyakarta

Publish

30 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
332
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rombongan Pesantren Lansia “Miftahul Jannah” Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pekalongan tiba di gedung Day Care Lansia Pimpinan Ranting Aisyiyah Perumnas Condongcatur Sleman DI Yogyakarta, Jumat, 27 Oktober 2023. 

Sebelum sampai ke tempat tujuan utama yaitu di Condongcatur, rombongan transit dan melakukan salat subuh di masjid Jogokaryan. Sebuah masjid rujukan karena pengelolaan infaqnya yang sangat baik. Saldo masjid selalu dinolkan sehingga infaq cepat tersalurkan. Rombongan berjumah 51 orang itu disambut dengan gembira oleh pengurus dan peserta Day Care Lansia Aisyiyah setempat. 

Rombongan mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan oleh Day Care Lansia Aisyiyah PR Condongcatur hingga selesai. Yang dilakukan di Day Care tersebut tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan oleh Pesantren Lansia milik PDA Kabupaten Pekalongan. Hanya fasilitasnya lebih lengkap dan representatif sebagai tempat belajar para lansia. Yang lebih menarik lagi, di tempat ini ada semacam penitipan lansia sementara dan ada ektrakurikuler kesenian. Dalam acara ini rombongan disuguhi kesenian angklung yang pemainnya dari alumni Day Care Lansia setempat.

 Selain penyambutan yang hangat, ada lagi yang membuat romobongan tidak menyesal datang. “Kami beruntung berkesempatan ikut rombongan karena pagi ini menerima materi “stress dan kesehatan” yang disampaikan oleh Dr. dr. H. Zaenal Mutataqin Sofro, AIFM. Beliau seorang dosen Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada. Materinya sangat berbobot, ilmiah, dan dihubungkan dengan ayat-ayat Al Quran. Segar dan penuh canda pula”, ujar Ibu Rasiyah salah satu peserta rombongan dari Pekalongan. “ Kami sangat puas dan berharap bisa lagi mendengarkan materi-materi dari Pak Doktor dokter Zaenal”, lanjutnya.

Tidak hanya pihak yang berkunjung yang merasa senang. Salah satu peserta Day Care Lansia PR Condongcatur menuturkan hal yang sama. Ibu Tuti berujar “Kami senang dikunjungi sehingga bisa tukar pengalaman dan menambah saudara”. Dengan wajah berbinar-binar Bu Tuti menambahkan pernyataannya bahwa ikut masuk ke Day Dare tidak rugi karena mendapatkan ilmu yang banyak. “Satu minggu dua kali, Selasa dan Jumat sehingga Sabtu Minggu waktunya masih bisa untuk keluarga. Ini juga yang membedakan dengan Pesantren Lansia Pekalongan yang hanya satu minggu satu kali setiap Sabtu. 

Dalam sambutan yang diberikan oleh Ibu Rumainur selaku ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pekalongan disampaikan bahwa tujuan berkunjung ke Day Care Lansia Aisyiyah PR Condongcatur yaitu untuk menambah wawasan dan silaturahmi sehingga dapat meningkatkan pelayanan di pesantren lansia yang dikelolanya. 

Banyak informasi yang diperoleh dari tempat dikunjungi. Dr. Mahsunah Syakir, S. E., M.E.K. ketua pengelola Day Care Lansia Aisyiyah Condongcatur didampingi ibu Nuryani selaku ketua Pimpinan Ranting Aisyiyah setempat memaparkan profil Day Care Condongcatur memiliki program pesantren lansia, madrasah lansia, senior school, posyadu, keterampilan dan kesehatan. Hal ini sangat memberikan referensi kepada rombongan Pesantren Lansia dari Pekalongan. 

Usia acara di Day Care Lansia Aisyiyah PR Condongcatur, rombongan pesantren Lansia “Miftahul Jannah” bergerak ke museum muhammadiyah yang berada di kampus Universitas Ahmad Dahlan. Masuk museum langsung disambut petugas. Ada bola dunia, foto-foto tokoh muhammadiyah dan aisyiyah, miniatur kapal, benda-benda sejarah, pemutaran film, dan atribut-atribut ortom. Rombongan merasa puas karena mendapatkan pengalaman, informasi, serta referensi visual tentang Muhammadiyah.  (SriKus)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BALIKPAPAN, Suara Muhammadiyah - Setelah sebulan lamanya kita berpuasa Ramadhan, sekarang tibalah sa....

Suara Muhammadiyah

13 April 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh yang juga mengkordin....

Suara Muhammadiyah

20 March 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - "Desa Menari Tanon Ngrawan" terpampang megah di antara gapura merah y....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka menyemarakkan milad ke-111 Muhammadiyah, Universit....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Berdasarkan Surat Keputusan Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah