Studi Inspirasi Ala Siswa SMA Muhi 'Goes to'Australia dan Singapura

Publish

4 November 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
361
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhi Yogyakarta menggelar kegiatan edu trip ke Australia. Kegiatan ini dilaksanakan pada 4-12 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri atas 36 siswa, 3 guru, dan 1 ketua rombongan. Tujuan utama kegiatan ini adalah mengunjungi The University of Melbourne dan  University of Sydney. Rombongan berangkat melalui Yogyakarta International Airport Kulon Progo Sabtu, 4 November 2023 pukul 07.00 WIB. Sebelum menuju Australia, rombongan transit di Singapura selama satu hari. Selama di Singapura rombongan akan mengunjungi Merlion, Garden by the bay, Orchard road, Sentosa island dan Wings of time. 

Pada 5 Oktober 2023 pukul 13.00 waktu Australia rombongan mendarat di Sydney International Airport. Ada beberapa destinasi wisata dalam edu trip ini, diantaranya : Sydney Opera House, Bondi Beach, The Art Gallery of New South Wales, Sydney CBD, Taronga Zoo Sydney, Melbourne CBD, Queen Victoria Market, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) at Muhammadiyah Australia College (MAC), Brighton Bathing Boxes, Shrine of Remembrance, dan National Gallery of Victoria.

Drs. H. Herynugroho, M.Pd selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa satu manfaat dari Program Edu-Trip yang dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah pendidikan nyata yang meningkatkan pengetahuan global dalam dunia pendidikan karena dewasa ini kita ketahui perkembangan ilmu pengetahuan semakin dinamis. Institusi dituntut untuk terus mengembangkan pengetahuan akademik dan pengetahuan global sesuai dengan tuntutan zaman sehingga SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta bisa melaksanakan ”International Networking and Branding” dengan jangkauan yang semakin luas. “Semoga kegiatan tersebut memberikan manfaat yang holistik bagi segenap civitas akademika SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta agar eksistensi sekolah ini terus berkembang merambah dunia internasional” pungkasnya. 

Marini Amalia Octavianti, M.Pd selaku wakil kepala urusan humas menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Menurutnya SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) berkomitmen tinggi dalam memberikan pelayanan pendidikan international. Sejak tahun 2021 SMA Muhi telah menyelenggarakan pembelajaran bahasa Inggris bekerjasama dengan Teachcast With Oxford. Tujuannya adalah membantu siswa untuk belajar komunikasi bahasa Inggris. SMA Muhi Yogyakarta juga telah bekerjasama dengan ACT Educations Solutions Limited (ACT) International untuk melaksanakan program Global Assessment Certificate (GAC). Dalam pelaksanaannya, peserta akan mempelajari International Foundation Program, di mana siswa akan diberikan sebuah kualifikasi internasional agar dapat melanjutkan kuliah di luar negeri tanpa harus mengikuti foundation year selama 1 tahun (pre-university). “Harapannya kegiatan ini bisa dipahami sebagai sesuatu yang positive oleh seluruh stakeholder sekolah dan bisa terus melanjutkan kegiatan ini sebagai bentuk perluasan proses pembelajaran bagi peserta didik. Kegiatan Edu Trip ke Australia semoga bisa menginspirasi peserta didik untuk membangun koneksi global” tuturnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah -Holding Suara Muhammadiyah, PT Syarikat Cahaya Media, secara resmi akan m....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pattunuang Cabang Manggala Kota Makassa....

Suara Muhammadiyah

30 May 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Berkah Ramadan, kabar gembira menyelimuti keluarga besar Univer....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kolaborasi untuk merin....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Teknologi yang berkembang semakin masif memungkinkan untuk ter....

Suara Muhammadiyah

3 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah