Tarian Damar Kurung dan Pelukis Kaki Internasional Meriahkan Penerimaan Mahasiswa PMM ke-4 UMG

Publish

24 May 2024
UMG

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
158
UMG

UMG

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) kembali menjadi tuan rumah kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ke-4 dengan tema "Kesenian dan Kebudayaan Gresik Tarian Damar Kurung." Kegiatan ini diikuti 40 mahasiswa dari 23 kampus berbeda yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Mereka berkumpul di kota santri, Gresik, Jawa Timur untuk belajar dan merasakan kebudayaan lokal selama satu semester.

Kegiatan penerimaan mahasiswa PMM digelar di Hall Sang Pencerah UMG pada 22 Rabu 2024, dihadiri oleh berbagai tokoh penting universitas, termasuk Rektor UMG, Nadirotul Laily, S.Psi., M.Psi., PhD., Psikolog, serta Wakil Rektor I, Ely Ismiah, S.T, M.T. Selain itu, hadir pula Ketua PMM UMG, Paulina, M.Pd., dosen Modul Nusantara, Hidayat, S.T, M.Eng dan Ilham Arifin Pahlawan, S.T, M.T., serta sejumlah dekan, kaprodi, dan ketua organisasi mahasiswa UMG.

Dalam laporannya, Koordinator PMM UMG, Paulina, mengungkapkan bahwa mahasiswa PMM akan belajar sesuai dengan program studi masing-masing dan mengikuti kegiatan Modul Nusantara. Modul ini mencakup kegiatan kebinekaan, inspirasi, proyek sosial, dan refleksi, yang semuanya bertujuan memperkaya pengalaman dan pengetahuan mahasiswa tentang keberagaman budaya Indonesia.

Rektor UMG, Nadirotul Laily, dalam sambutannya, menekankan bahwa mahasiswa PMM tidak hanya akan memperoleh ilmu akademik, tetapi juga mempelajari kebudayaan lokal di Gresik. "Mahasiswa PMM memiliki kesempatan emas untuk mengenal dan mengapresiasi kebudayaan di Gresik, yang akan memperkaya wawasan dan pengalaman mereka," ujarnya.

Salah satu acara yang paling dinanti adalah penampilan tari damar kurung oleh seluruh mahasiswa PMM. Tarian ini, yang merupakan bagian dari kegiatan kebinekaan Modul Nusantara, dipersembahkan dengan penuh semangat dan menjadi simbol persatuan dan keberagaman budaya Indonesia.

Tak hanya itu, acara juga diisi dengan sesi talk show inspiratif bersama Muhammad Amanatulloh, S.Pd., atau yang lebih dikenal dengan nama Cak Amm. Beliau adalah seorang pelukis kaki dan mulut internasional serta alumni prodi pendidikan guru sekolah dasar UMG. Cak Amm merupakan anggota Association of Mouth and Foot Painting Artist (AMFPA) di Eropa dan saat ini juga mengajar sebagai guru ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah 1 GKB.

Dalam sesi talk show-nya, Cak Amm memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa untuk memaksimalkan potensi diri dan selalu mengingat pentingnya doa orang tua dalam meraih kesuksesan. "Kunci kesuksesan adalah memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita dan selalu berbakti serta menghargai doa orang tua," pesannya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) memberika....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kegiatan kuliah di luar kampus dinilai dapat memberikan wawasan dan pe....

Suara Muhammadiyah

9 July 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus kembali menyelengggarakan upacara sumpah ....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebagai upaya peningkatan kualitas dan standar mutu melalui ak....

Suara Muhammadiyah

1 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 104 mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Agama Islam....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah