Teguhkan Hidup Bermuhammadiyah, PCM Umbulharjo Gelar Pengajian Pimpinan

Publish

2 December 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
262
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – PCM Umbulharjo menyelenggarakan Pengajian Pimpinan setiap Sabtu Pahing dengan tema "Pedoman Hidup beragama dalam Muhammadiyah." Pengajian perdana dilaksanakan di Masjid Mujahidin Muja Muju Umbulharjo Yogyakarta, Sabtu (2/12).

Ketua Takmir Masjid Mujahidin H. Dahuri Yusuf menyambut baik kunjungan PCM, PRM dan takmir masjid se-Umbulharjo. Sementara, Ketua PCM Umbulharjo H. Safroni Saefudin dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kegiatan silaturrahmi dan pengajian pimpinan ba'da subuh direncanakan tiap selapan (35 hari) pada Sabtu pahing bertempat di masjid wakaf Muhammadiyah di Umbulharjo dan bergilir tiap PRM sebagai tuan rumahnya.

Dalam pengajiannya, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ustadz H. Asep Sholahuddin, S.Ag., M.Pd.I menyampaikan Kajian Pedoman Hidup Beragama Muhammadiyah memberikan hikmah untuk meneladani KH. AR Fahruddin. Saat itu, ia datang ke suatu masjid dan didapati jamaah dari pengurus PCM dan PRM yang tidak ada. Merespons hal tersebut, maka tanggal 7 Juni 1980 lahirlah sebuah instruksi Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai pembinaan internal.

Pengajian yang diselenggarakan PCM Umbulharjo merupakan bagian pembinaan internal untuk pimpinanan cabang, ranting dan jamaah. Dalam uraianya, beliau menyampaikan beberapa pesan yang merupakan intruksi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Yaitu 1. Ikhlas, hendaklah menanamkan keikhlasan dalam berMuhammadiyah, 2. Menepati waktu dalam setiap kegiatan, 3. Tepati waktu sholat pada awal waktu, 4. Sholat berjamaah, 5. Memahami setiap bacaan sholat.

Kegiatan yang diawali dengan sholat subuh berjamaah berlangsung dengan hikmat diikuti sekitar 150 orang dan diakhiri dengan sarapan soto bersama yang telah disediakan oleh takmir masjid Mujahidin dan PRM Muja Muju. (Ridwan/Ali)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal menggelar deklarasi....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Liga 3 Nasional akan segera menggeliat dan menyemarakkan sepakbola ....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – PDM Asahan menjelang libur Ramadhan menyambut Idul Fitri 1445 H M....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan r....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Bantul (22/10) Alumni Bimbingan Haji Aiyiyah Bantul (ALBHA) Bantul....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah