Tim Fakultas Teknik UMSU Ikuti Kontes Kapal Indonesia di Surabaya

Publish

22 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
85
UMSU

UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP melepas mahasiswa tim Venship Fakultas Teknik yang lolos nasional pada ajang Kompetisi Kapal Indonesia (KKI) 2024. Acara pelepasan berlangsung pada Senin (21/10) di kampus UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Tim Vanship ini terdiri dari mahasiswa semester lima yakni dketuai oleh Azri Adlih beranggotakan Miftah Fariz Nasution, Baihaki Hamdi Sirait, Randa Amanda, Abdul Samin Hasibuan, dengan Dosen Pembimbing Bapak Faisal Irsan Pasaribu, S.T., M.T yang juga sekaligus Ketua Prodi Teknik Elektro, dan didampingi oleh Dosen Bapak Rahmat Fauzi Siregar, S.T., M.T. Mereka akan berkompetisi mulai Rabu-Senin 23-28 Oktober 2024 di dua lokasi, yakni Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan Kolam SIER Surabaya. 

Diketahui, tim dari Fakultas Teknik ini menjadi satu-satunya perwakilan dari Sumatera Utara yang lolos di divisi Prototipe Fuel Engine Remote Control dan menjadi bagian dari 45 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pada pelepasan, Rektor UMSU, Prof. Agussani menyampaikan rasa syukur dan bangga, seraya menekankan pentingnya kreativitas dan inovasi dalam dunia pendidikan tinggi. "Alhamdulillah, semoga sukses dan menambah wawasan serta pengalaman bagi tim. Tidak semua perguruan tinggi di Indonesia mengikuti kompetisi bergengsi ini, namun UMSU mampu bersaing di tingkat nasional dan tidak dapat dipandang sebelah mata," ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa keterlibatan UMSU dalam berbagai kompetisi teknologi, seperti robotik dan kapal, sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, termasuk Konsul Jepang saat berkunjung telah memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Teknik UMSU.

Kompetisi Kapal Indonesia 2024 akan menjadi tantangan tersendiri bagi tim Fatek UMSU, di mana mereka akan bersaing dengan tim-tim terbaik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Prof. Agussani, mengingatkan pentingnya kekompakan tim serta bimbingan yang baik dari dosen pembimbing. "Yang terpenting adalah menjaga kekompakan dan performa tim di setiap tahap kompetisi, serta memanfaatkan pembekalan dari para dosen pembimbing," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik, Affandi, ST., MT., turut mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pimpinan Universitas atas setiap karya mahasiswa fakultas Teknik. Dia memberikan apresiasi terhadap capaian tim ini. “Alhamdulillah, kita lolos ke tingkat nasional dan merupakan satu-satunya perwakilan dari Sumatera Utara. Ini merupakan langkah baru yang menjadi terobosan bagi Fakultas Teknik UMSU,” ujarnya.

Affandi berharap capaian ini dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk bergabung dengan Fakultas Teknik dan mendorong lebih banyak inovasi di masa depan. "Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik, dan kami berharap Fakultas Teknik bisa terus menjadi prioritas dalam mencetak mahasiswa-mahasiswa berprestasi," tambahnya.

Sementara itu, Ketua tim, Azri Adlih, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Rektor UMSU yang telah memberikan dukungan penuh kepada tim. "Terima kasih kepada Bapak Rektor atas kesempatan yang diberikan dalam pelepasan ini. Kami melakukan inovasi untuk membuat kapal yang dapat bermanuver dengan baik serta memiliki kecepatan yang tinggi," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa selama enam hari kompetisi, tim akan melewati berbagai tahapan seperti uji coba di kolam, penilaian poster, presentasi, serta uji performa kapal. Kompetisi ini akan diikuti oleh 45 perguruan tinggi se-Indonesia, di mana tim Fatek UMSU menjadi salah satu dari 29 tim yang berhasil masuk ke divisi tersebut.

Kapal VENSHIP inovasi mahasiswa fakultas Teknik ini merupakan kapal Platform Supply Vessels (PSVs) yang dirancang dengan bentuk lambung Monohull Monomaran dan sumber penggerak engine Zenoah 30cc. Kapal VENSHIP UMSU memiliki kemampuan mengangkut barang kebutuhan di offshore dengan melewati pulau-pulau dan selat-selat di seluruh wilayah Indonesia.

Dioperasikan untuk mengangkut barang-barang keperluan di offshore atau platform untuk menunjang operasi penambangan Migas di laut lepas. Kapal VENSHIP UMSU dapat bergerak cepat, stabil dan dapat bermanuver dengan baik.

Dengan semangat yang tinggi, tim Fatek UMSU siap mengharumkan nama universitas di tingkat nasional, sekaligus menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkreasi. Kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang untuk unjuk kemampuan, tetapi juga peluang besar untuk mengembangkan teknologi kapal yang bermanfaat bagi masa depan industri maritim Indonesia. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TAIWAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) kembali menunjukkan komitmennya....

Suara Muhammadiyah

7 September 2024

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah -- Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat 2023-2027 hasil Mu....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Sebagaimana telah diketahui bahwa Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammad....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan r....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata (MEBP) Pimpinan Pusat Muh....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah