Tujuh Sekolah Muhammadiyah Tandatangani MoU dengan Pendidikan Klantan Malaysia

Publish

29 September 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
443
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Tujuh sekolah Muhammadiyah di Medan dan Labuhan Batu Utara (Labura) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Takmir Pendidikan  Klantan, Malaysia. Penandatanganan MoU berlangsung, Jumat (29/9) di aula Gedung Dakwah Muhammadiyah, Kampung Dadap, Medan.

Hadir pada acara itu, Ketua PDM Medan Maulana Siregar MA dan Ketua Yayasan Takmir Pendidikan Klantan, Malaysia,  Datuk Ismail Bin Karim, M.  Princ, B, Ed., Wakil Ketua PDM Medan Misman MPd, Ketua PCM Kampung Dadap Awaluddin dan tujuh kepala sekolah Muhammadiyah di Medan dan Aek Kanopan.

Tujuh sekolah yang melakukan penandatanganan kerjasama itu masing-masing :  SD Muhammadiyah 02 Kampung Dadap, SMP Muhammadiyah  57 Kampung Dadap, SD Muhammadiyah 01 Medan Kota, SD Muhammadiyah 03 Tanjung Sari, SD Muhammadiyah 07 Sukaramai, SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan dan SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan, Aek Kanopan.

Ketua Pimpinanj Daerah Muhammadiyah Kota Medan, Maulana Siregar didampingi Misman MPd mengatakan, dengan adanya kerjasama antar dua lembaga pendidikan serumpun (Indonesia dan Malaysia) khususnya antara perguruan Muhammadiyah dengan Yayasan Takmir Pendidikan Klantan dapat mendorong perbaikan mutu pendidikan antar warga serumpun. Dengan kerjasama itu, diharapkan akan berlangsung pertukaran pelajar dan guru, pertukaran kurikulum dan transfer knowledge antara sekolah-sekolah di Klantan dengan sekolah Muhammadiyah di Medan dan Aek Kanopan.

Kata Maulana Siregar, berharap  dengan kerjasama itu akan terjadi transfer ilmu pengetahuan dan selanjutnya akan terjadi proses perbaikan mutu belajar dan mengajar. " Muhammadiyah Medan sangat memberi perhatian pada upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah Muhammadiyah agar amal usaha pendidikan Muhammadiyah disegani," kata Maulana.

Sementara itu, Ketua Yayasan Takmir Pendidikan Klantan, Malaysia Datuk Ismail Bin Karim, M.  Princ, B, Ed memberi apresiasi kepada Muhammadiyah di Medan dan Labuhan Batu Utara (Labura) atas ditanda-tanganinya kerjasama pendidikan antar dua negeri.  Datuk Islam bin Karim menyebut dunia pendidikan sangat membutuhkan kerjasama atau kolaborasi, saling bertukar informasi. Datuk Ismail menyebut, pendidikan itu kompetisi dan kompleks. Dengan adanya kolaborasi maka penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan lebih optimal.

Dikatakan Datuk Ismail, selama ini kerjasama sudah dilakukan pihaknya dengan beberapa Perguruan Muhammadiyah di Pulau Jawa dan kali ini kami melakukan kerjasama dengan perguruan Muhammdiyah di Sumatera, khususnya Medan.

Tujuh kepala sekolah yang melakukan penandatanganan dengan Yayasan Takmir Pendidikan Klantan, Malaysia itu adalah: Sarmin Tambunan MM, Kepala  SD Muhammadiyah 1 Medan, Dra. Rida Syahida, Miskianto mewakili SD Muhammadiyah 3 Tan jungsaari, Kepala SD Muhammadiyah 2, Asral Effendi SPd.I Kepala SD Muhammadiyah 7 Medan, Paiman SPd Kepala SMP Muhammadiyah 1, Jalan Demak Medan, Zainal Arifin SPd.I Kepala SMP Muhammadiyah 57 Medan, Rudi Chandra Simbolon, Kepala SD Muhammadiyah 1 Aek Kanopan dan Lahmuddin, Kepala SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Aek Kanopan.

Prosesi penandatanganan ditandai dengan perturan cindermata antara Kepala Sekolah dengan Ketua Yayasan Takmir Pendidikan Klantan Malaysia.

Pada sesi akhir acara Ahmad Said Matondang menyerahkan 3 set buku dengan judul "Imam Robandi, Spirit and Ideas"  kepada Ketua Yayasan Takmir Pendidikan Klantan. Buku  itu bercerita seputar spirit Imam Robandi memotivasi banyak sekolah Muhammadiyah untuk maju dan berkembang. Imam Robandi sering diundang ke Aek Kanopan untuk memberikan inspirasi membangun perguruan Muhammadiyah yang berkualitas. (Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, MS....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, pada ....

Suara Muhammadiyah

18 October 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Nazaruddin Malik resmi memimpin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) s....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gowa kembali menerjunkan 48 ....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Partisipasi masyarakat merupakan aspek penting dalam pen....

Suara Muhammadiyah

27 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah