Unismuh Buka Pendaftaran Prodi S1 dan Profesi Kebidanan

Publish

17 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
74
Dok. Istimewa

Dok. Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi membuka Program Studi Kebidanan (S-1) dan Pendidikan Profesi Bidan. Pendaftaran untuk kedua prodi ini dibuka mulai Rabu - Kamis (16-31/10).

Program S-1 Kebidanan menggunakan sistem seleksi berdasarkan nilai rapor, sedangkan Pendidikan Profesi Bidan menyeleksi peserta berdasarkan nilai ijazah S-1 Kebidanan. Biaya pendaftaran ditetapkan sebesar Rp 250.000, dengan biaya kuliah sebesar Rp 5 juta per semester dan biaya pembangunan Rp 7 juta untuk program sarjana. Sementara biaya kuliah program profesi kebidanan sebesar Rp 6 juta per semester, dengan biaya pembangunan Rp 8 juta. 

Perkuliahan akan berlangsung di Kampus Alauddin dan gedung FKIK di belakang Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Makassar, Jl Tun abd Razak, Gowa.

Hal itu disampaikan Kaprodi D3 Kebidanan Unismuh Daswati SST., MKes, Rabu, (16/10) di Kampus Unismuh Makassar.

Dia mengungkapkan rasa syukur atas izin pembukaan program studi tersebut. "Ini menunjukkan bahwa kami dapat mengambil peran penting dalam peningkatan dan pengembangan pendidikan berkelanjutan bagi teman-teman bidan," ujarnya.

Daswati menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan AIPKIND dan IBI agar proses perkuliahan berjalan sesuai koridor yang ditetapkan oleh pemerintah.

Daswati optimistis bahwa dengan visi "Menjadi program studi profesi bidan yang menghasilkan lulusan Islami, Terpercaya, dan Unggul dalam upaya preventif kegawatdaruratan kebidanan berbasis pemanfaatan teknologi," program ini dapat menjawab tantangan dan harapan masyarakat. 

"Kami ingin lulusan Kebidanan Unismuh dapat berkontribusi dalam pembangunan kesehatan regional dan nasional, khususnya di Sulawesi Selatan," tambahnya. 

Kerja sama juga diperkuat dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar dan berbagai puskesmas serta rumah sakit, termasuk RS Muhammadiyah di Makassar dan Gowa, untuk menunjang pembelajaran klinik.

Target jangka pendek dari program ini adalah menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan standar nasional perguruan tinggi. "Target jangka panjangnya adalah meningkatkan kualitas tenaga pengajar dan sarana pendidikan agar mampu memenuhi tuntutan masyarakat dan stakeholder," ungkap Daswati. 

Meski pengembangan internasional menjadi tantangan, Daswati melihatnya sebagai peluang untuk terus meningkatkan kualitas program. "Kami yakin, dengan pemanfaatan teknologi dan upaya berkelanjutan, program ini akan membawa manfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (Hadi/Fab)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh sedang berbenah menuju pembaharuan un....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

  JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jak....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah  –  Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PW NA)  Suma....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

Download Logo Milad 60 IMM, Tema “Seutuhnya Indonesia” JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pa....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang menggelar konferensi int....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah