UPT Perpustakaan UMRI Jalin Kerjasama Internasional

Publish

11 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
98
Istimewa

Istimewa

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), dalam mewujudkan kampus Internasional melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Universiti Malaysia Terengganu (UMT) dan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA). Hal ini ditandai dengan kunjungan Silaturrahim yang dilakukan Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Perpustakaan Umri bersama Kepala Kepala UPT Teknologi Informasi & Pangkalan Data (TIPD) Umri. 

Kunjungan ini dalam rangka membangun kerjasama Internasional dengan ketiga perguruan tinggi tersebut yang dilakukan di negeri jiran Malaysia baru-baru ini. Sedangkan untuk penandatanganan kerja sama, Ltter of Intent (LOI)-nya akan dilaksanakan di Yogyakarta bersamaan dengan penandatanganan LOI dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisiyiyah (FPPTMA) pada bulan oktober yang akan datang, dimana Perpustakaan Umri berhasil untuk pertama kalinya  menginisiasi kerjasama internasional bagi  FPPTMA tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Perpustakaan Umri Dwi Hastusi SE MM Ak., menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan inisiatif penting bagi Umri yang bertujuan untuk memperkuat jaringan akademik dan budaya antar negara dan perguruan tinggi. Kerjasama ini mencakup berbagai aspek yang mendukung pengembangan pendidikan, penelitian, dan akses informasi bagi ketiga perguruan tinggi. 

"Penting bagi perpustakaan Umri untuk membangun Kerjasama dengan UMT dan UniSZA agar dapat berbagi koleksi buku, jurnal ilmiah, dan bahan akademik lainnya. Ini memungkinkan mahasiswa dan dosen dari ketiga perguruan tinggi untuk mengakses berbagai sumber informasi yang mungkin tidak tersedia di perpustakaan masing-masing," ujar Dwi.

Tambahnya lagi, selain itu akses ke pangkalan data internasional kerjasama ini dapat memfasilitasi akses bersama ke pangkalan data internasional, e-book, dan jurnal ilmiah yang mendukung kegiatan penelitian dan pembelajaran di masing-masing institusi.

"Melalui kerjasama internasional, staf perpustakaan dari ketiga University dapat mengikuti program pelatihan atau workshop yang diselenggarakan oleh ketiga Institusi. Ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan profesional dan pengetahuan mereka dalam bidang pengelolaan perpustakaan dan layanan informasi," tambah Dwi.

Lebih jauh, Dwi mengatakan bahwa kerjasama ini nantinya dapat mempromosikan literasi dan pertukaran budaya dan program edukasi publik yang memanfaatkan sumber daya perpustakaan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya literasi dan akses informasi. Dengan adanya kerjasama internasional, ketiga universitas dapat mengembangkan kebijakan bersama yang bertujuan untuk menyelaraskan standar layanan perpustakaan sesuai dengan best practices internasional.

"Ini termasuk kebijakan akses terbuka untuk publikasi ilmiah yang memungkinkan hasil penelitian dari ketiga universitas dapat diakses secara global, mendukung gerakan open science dan open access," punkas Dwi Hastuti

Kepala UPT Teknologi Informasi & Pangkalan Data (TIPD) Umri Evans Fuad, SKom MEng yang turut mendampingi kegiatan ini, juga berharap agar kolaborasi penelitian dan publikasi internasional nantinya akan di publikasi bersama dimana hasil dari penelitian ini dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah internasional, yang tidak hanya meningkatkan reputasi akademik dari ketiga universitas tetapi juga memperkuat hubungan ilmiah antar negara.

"Implementasi sistem manajemen perpustakaan yang terintegrasi dapat memfasilitasi pertukaran data dan informasi antar perpustakaan bagi ketiga University. Ini juga dapat mencakup pengembangan katalog online yang bisa diakses oleh semua pihak yang terlibat. Kerjasama ini juga bisa berfokus pada pengembangan dan penerapan teknologi baru dalam manajemen informasi, seperti digitalisasi koleksi, layanan perpustakaan berbasis cloud, atau aplikasi mobile untuk akses informasi," kata Evans disela-sela kunjungan tersebut. (Rls/Walida)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Semester ....

Suara Muhammadiyah

21 May 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Berdasar data dari Kementerian Kesehatan RI 2023, gangguan kesehatan me....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Tengah  menggelar rapat....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

MAKKAH, Suara Muhammadiyah - Tiga santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwarda Wonogori Menyelenggarakan Musy....

Suara Muhammadiyah

30 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah