Wakil Menteri Kesehatan RI Mengisi Kuliah Umum di AKMT

Publish

19 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
266
Wakil Menteri Kesehatan RI Mengisi Kuliah Umum di AKMT

Wakil Menteri Kesehatan RI Mengisi Kuliah Umum di AKMT

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah – Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung (AKMT) sukses menyelenggarakan kuliah umum dan seminar nasional pada Senin, (18/9/2023) di Graha Bhumi Phala Temanggung. Para mahasiswa baru yang disertai dengan para orang tua, memenuhi aula pertemuan beserta para tamu undangan dari jajaran pemerintah daerah kabupaten, para kepada sekolah tingkat menengah atas para setaf Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dan para tamu undangan lainnya.

Bupati Temanggung yang memberikan sambutan pada acara pembukaan yang diwakilkan oleh asisten bagian pemerintahan, menyampain ucapan terima kasih atas upaya pendirian Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung (AKMT) yang membuka program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Direktur AKMT dr. Galih Herlambang, Sp.A, yang menjadi narasumber juga dalam seminar, memaparkan hal-hal pokok dan prospek kedepan bagi para mahasiswa baru setamat dari pendidikan nanti. Sistim digitalisai rekam medis, menjadi acuan dasar dalam pelaksanaan perkuliahan dan telah dipersiapkan walaupun hal-hal yang konvensional harus diketahui menuju arah digitalisasi.

Wakil Menteri Kesehatan, Prof. dr Dante Sasongko Harbuwono, Sp.PD.KEM, Ph.D, yang menjadi pembicara utama dalam seminar yang disampaikan secara daring, menekankan satu data kesehatan dalam dunia kesehatan dan harus dilakukan. Implementasi dari satu data elektronik kesehatan yang dipakai, memberikan hemat anggaran dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebih penting di bidang kesehatan.

Alkhamdulilah RS PKU Muhammadiyah Temanggung yang merupakan salah satu rumah sakit yang telah menggunakan sistim data kesehatan elektronik di rekam medis dalam pelayanannya, akan menjadi salah satu tempat praktik dari para mahasiswa AKMT saat melaksanakan praktek lapangan,” ungkapnya.

“Program rekam medis yang merupakan salah satu jurusan yang menuntut kekinian di bidang digital, menjadi salah satu pilihan saat ini dan mempunyai banyak peluang,” lanjutnya.

Pada acara tanya jawab, salah satu peserta seminar menanyakan kekhawatiran jebolnya data pasien dengan sistim data elektronik yang berdampak negatif dan fatal. Dari pertanyaan tersebut, Wamenkes Prof. dr. Dante Sasongko Harbuwono, Sp.PD.KEM, Ph.D memberikan jawaban,

insyaallah datanya aman dan tidak jebol, saat ini Kementerian Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan Kemenfo untuk mengantisipasi hal dimaksud dengan menggunakan Satelit Satria satu untuk menjaga keamanan data-data tersebut,” imbuhnya.

Kuliah umum yang bertujuan untuk memberikan wawasan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa baru dan kepada para kepala sekolah menengah atas sebagai input dari para calon mahasiswa dan menginformasikan pula kepada para tamu undangan secara umum. Para pengurus Aisyiyah dari tingkat ranting hingga daerah yang telah berperan aktif, mempunyai tanggungjawab pula untuk membesarkan AKMT secara internal maupun ekternal. 58 mahasiswa baru angkatan pertama pada tahun 2023 patut disyukuri dan akan melaksanakan perkuliahannya di kampus baru  di jalan Gerilya Kowangan Temanggung. (A Khamid)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh Ustaz Dr. M....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bulan Ramadhan adalah momen ideal untuk memaksimalkan habluminallah da....

Suara Muhammadiyah

20 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu'ti, ME....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah