100 Santri Diwisuda, Pesantren Muhammadiyah Majenang Wadah Dakwah Pencerahan

Publish

28 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
321
Ponpes Muhammadiyah Daarul Ulum Majenang

Ponpes Muhammadiyah Daarul Ulum Majenang

CILACAP, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 100 santri mengikuti prosesi kelulusan ke-19 dengan hikmat. 100 santri yang diwisuda terdiri 75 santri tingkat MTs dan 25 santri tingkat MA. Acara yang digelar di halaman Masjid Birul Walidain itu dihadiri Camat Majenang, Aji Pramono. Ia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh dewan asatidz PontrenMu Darul Ulum Majenang yang telah sukses menggelar acara Haflah Akhirussanah serta mengantarkan para santri tingkat SMA itu menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

“Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Majenang mengapresiasi kegiatan Haflah Akhirussanah yang digelar oleh Keluarga Besar PontrenMu Darul Ulum Majenang. Sekaligus merasa bangga pada hari ini bisa menyaksikan para calon pemimpin bangsa sebagai hasil didikan dan mendapat pencerahan selama enam tahun di PontrenMu Darul Ulum Majenang akan segera menjadi insan berkualitas yang siap tanding dan siap melanjutkan estafet perjuangan dakwah untuk umat, bangsa, agama dan persyarikatan Muhammadiyah. Inilah hasil dakwah pencerahan dari Pesantren Muhammadiyah yang sesungguhnya dalam pembangunan dan penguatan karakter santri sebagai salah satu unsur sekaligus calon pemimpin masa depan,” ujarnya. 

Sementara itu, Charhali, Wakil Ketua PCM Majenang memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder PontrenMu Darul Ulum Majenang yang telah melakukan pencerahan dan pemberdayaan terhadap 100 santri yang diwisuda, dilepas dan dikembalikan kepada orang tua mereka.

“Selamat dan sukses untuk para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan selama enam tahun di PontrenMu Darul Ulum Majenang. Selamat pula kami sampaikan kepada para wisudawan yang telah diterima di PTN dan PTS terbaik, dalam negeri maupun luar negeri. Momen pada hari ini sangat menginspirasi dan menjadi kebanggaan bagi orang tua wali santri dan almamater tercinta. PontrenMu Darul Ulum Majenang adalah kebanggan kita semua karena terbukti telah menjadi salah wadah calon kader persyarikan Muhammadiyah yang religius, unggul dan mumpuni yang selalu siap untuk menjalankan dakwah persyarikan di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Masykur Ikhsan selaku perwakilan wali santri mengucapkan terima kasih kepada Pihak Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang yang telah mendidik para santri selama enam tahun dengan suka dan duka. 

“Terima kasih kepada seluruh asatidz Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap yang telah mendidik, membina, serta mengasuh anak-anaknya dalam 24 jam selama 3 maupun 6 tahun menimba ilmu di Pesantren. Selamat dan Sukses atas keberhasilan ananda semua yang telah menyelesaikan pendidikan di Pesantren Darul Ulum. Salah satu kebanggaan kami adalah bahwa anak-anak kami sudah bisa diandalkan untuk menjadi imam shalat di masjid, guru ngaji TPQ, muadzin di tempat kami tinggal serta ada beberapa santri yang mampu meneruskan pendidikan di jenjang perguruan tinggi negeri maupun swasta, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” tutur Ketua PCM Majenang tersebut.

Para lulusan dari Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap diharapkan dapat menjadi penerus tongkat estafet perjuangan dakwah Islam melalu persyarikatan Muhammadiyah. Hal itu disampaikan Aly Syahbana, selaku Mudir. 

Aly berharap agar kaum Muslim, khususnya warga Persyarikatan Muhammadiyah untuk tidak ragu menitipkan putra-putrinya di dalam Pesantren Muhammadiyah.

“Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Muhammadiyah Majenang Cilacap adalah salah satu wadah untuk menggembleng kader-kader dan calon pemimpin bangsa agar menjadi kader yang unggul, mumpuni dan militant dalam meneruskan perjuangan dakwah berkemajuan persyarikatan Muhammadiyah,” imbuhnya.

Pada akhir acara, Joko Santoso, Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Cilacap yang didaulat sebagai keynote speaker pada acara tersebut mengungkapkan syukur Alhamdulillah bisa hadir di tengah-tengah Para Santri, Wali Santri, Ulama serta Dewan Asatidz Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Majenang Cilacap.

“Selamat dan Sukses bagi kita semua, khususnya para wali santri dan dewan asatidz karena Pondok Pesantren Modern Darul ‘Ulum Majenang Cilacap telah meluluskan para santri yang hebat dan luar biasa. Momentum pelepasan alumni ke-19 ini merupakan momen yang penting bagi kita semua, sebagai kesempatan untuk merefleksikan pencapaian hasil didikan PontrenMu Darul Ulum Majenang yang semakin memuaskan baik dari kuantitas maupun kualitas. Salah satu contohnya, adalah hadirnya santri yang hafidz qur’an dan berprestasi dalam bidang akademik maupun non Akademik. Hal inilah yang mengantarkan PontrenMu Darul Ulum Majenang mendapatkan penghargaan: The Best Islamic Education Place for a Bright Future based on Islamic Boarding Schools,” tegasnya.

Acara terasa semakin penuh haru dan bangga saat dibacakan nama-nama santri yang telah berhasil berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Acara juga semakin meriah dan syahdu ketika berbagai atraksi dari santri PontrenMu Darul Ulum Majenang seperti seni bela diri Tapak Suci, tari Saman, pantomin, Pembacaan Puisi Islami, Hadroh, berbagai varian tari, drama, menyanyi pop dan pidato empat Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris dan Sunda) turut menyemarakkannya. (aziz/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Percut Sei Tuan menggelar Kegiatan DIALOG I....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammdiyah - Memiliki visi untuk menjadi ASEAN Leading University, program i....

Suara Muhammadiyah

3 June 2024

Berita

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) resmi mulai membuka pendaf....

Suara Muhammadiyah

4 January 2024

Berita

FISIP UMSU dan LPM Teropong Adakan Seminar Nasional  MEDAN, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ilmu....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2022 Universitas Muhammadiyah Yogyak....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah