5 Ribu Jamaah Ramaikan Tabligh Akbar Tiga Ormas Islam di Pematang Siantar

Publish

28 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
166
Tabligh Akbar Tiga Ormas Islam di Pematang Siantar

Tabligh Akbar Tiga Ormas Islam di Pematang Siantar

PEMATANG SIANTAR, Suara Muhammadiyah – Lima ribu jamaah ramaikan kegiatan tabligh akbar tiga organisasi Islam di Kota Pematang Siantar.  Tabligh akbar yang diselenggarakan  tiga organisasi besar islam itu Muhammadiyah, Al-Jam’iyatul Wasliyah dan Nahdlatul Ulama  berlangsung sukses. Tampak 5 ribu jamaah tekun mengikuti prosesi tabligh akbar hingga selesai. Tabligh akbar di Lapangan Adam Malik itu berlangsung Ahad (26/5) kemarin. 

Tabligh akbar mendapat apresiasi karena dapat menghadirkan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr. Abdul Mu’ti, Ketua  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution dan Walikota Pematang Siantar dr. Hj Susanti Dewayani Sp.A. 

Tabligh Akbar tiga organisasi Islam itu  mengambil tema ” esensi dan urgensi ukhuwah perspektif al-quran dalam kehidupan majemuk”. Tabligh akbar dimeriahkan dengan tampilnya marching band SMK Muhammadiyah Pematang Siantar  dan beberapa stand pameran, seperti Klinik Aisyiyah, Universitas Sumatera Utara, OIF UMSU dan Kementerian Agama. 

Pelaksanaan tabligh akbar bersama tiga organisasi besar Islam Pematang Siantar merupakan yang kedua kali dilaksanakan secara bersama. Pertama pada tahun 2023,  dilaksanakan oleh Al-Jamiatul Wasliyah sebagai penyelenggaran dan tahun 2024 dilaksanakan Muhammadiyah dan diharapkan tahun 2025 mendatang akan dilaksanakan oleh Nahdatul Ulama. Tentu saja ini merupakan kerja harmonisasi dan ukhuwah yang pantas dilanjutkan. 

Pelaksanaan tabligh akbar mendapat apresiasi umat islam kota Pematang Siantar karena mampu menjadi pengikat ukhiwah umat Islam di kota terbesar kedua di Sumatera Utara dan menjadi salah satu kota dengan penduduknya yang heterogen. 

Hadir tiga ketua organisasi islam kota Pematang Siantar, seperti Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ir.  Sailan Nasution MM, ketua Pimpinan Daerah Nahdlatul Ulama Maranaik Hasibuan, Ketua PD Al-Jamiatul Wasliyah RM Ishak Hutasuhut. 

Juga hadir dalam tabligh akbar tersebut,  ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H. Erizal Ginting, Kapolres Pematang Sianțar AKBP Yogen Heroes Baaruno, Danrem 022/PT diwaili Letda Junaedi, Dandim 0207/Simalungun diwakili Mayor Inf Margana,  Denpom I/1 Pematang Siantar diwakili Letda CPM Agus Sasmito  serta perwakilan Forkopimda kota Pematang Siantar lainnya. 

Tabligh akbar diawali dengan pembacaan al-Quran oleh Adnan Tumangger Qari nasional yang kini menjadi mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dilanjutkan penyampaikan laporan ketua panitia  oleh Fakhruddin Sagala. 

Sambutan pertama disampaikan oleh ketua PWM Muhammadiyah Sumatera Utara Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution MA yang memberi apresiasi atas terlaksananya tabligh akbar yang berlangsung sangat sukses. Hasyimsyah dalam sambutannya mengatakan, kota Pematang Siantar adalah kot terbesar kedua di Sumatera Utara. Dan, kota ini diharapkan dapat berkembang lebih baik dan mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Kata Hasyimsyah, Pematang Siantar pernah menghasilkan tokoh nasional, H. Adam Malik yang menjadi wakil presiden ketiga. 

Kata Hasyimsyah, dengan tabligh akbar ini diharapkan dapat meningatkan ukhuwah antar umat islam. 

Menjadi Kota Toleransi Terbaik 

Walikota Pematang Siantar dr. Susanti dewayani Sp.A menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Siantar yang telah meramaikan tabligh akbar itu. Kata Susanti,  ia berharap Kota Pematang Siantar dapat terus maju dan berkembang dan menjadi kota yang penuh toleransi. 

Pada kesempatan itu, Walikota Pematang Siantar menyerahkan 100 bingkisan kepada anak yatim dan menyerahkan buku-buku literasi islam  kepada ketua Muhammadiyah, NahdLatul Ulama dan Al-Jamiatul Wasliyah. Susanti Dewayani berharap, kegiatan besar dan penting ini dapat terus dilaksanakan ditahun-tahun mendatang. 

Sekretaris Umum PPM Apresiasi Walikota Siantar

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Muti yang menjadi pembicara tunggal menyampaikan kondisi politik nasional pasca pemilihan umum.  Alhamdulillah, pesta demokrasi 5 tahunan itu berlangsung dengan baik dan damai.  pemilu adalah tahapan politik yang sangat menentukan sebuah negara. Suksesnya pelaksanaan pemilu adalah bukti kematangan dan kedewasaan bangsa Indonesia. 

Abdul Muti memberi apresiasi kepada walikota Pematang Siantar yang telah berhasil dengan baik membangun ukhwah dan silaturrahim umat islam melalui kerjasama tiga organisasi besar itu. 

Suksesnya pelaksanaan tabligh akbar disambut rasa syukur Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pematang Siantar Ir. Sailan Nasution. Katanya, tabligh akbar ini adalah bukti  solidaitas umat islam di kota siantar yang  semakin baik. 

Sementara itu, Ketua paniitia Fakhruddin Sagala SAg  yang juga sekretaris Pimpinana Daerah Muhammadiyah dan Aris SH MH sekretaris panitia yang juga adalah ketua Pemuda Muhammadiyah Pematang Siantar/ menyampaikan rasa syukur dan terimakasih keada semua pihak yang telah menyukseskan program tabligh akbar itu tiga ormas Islam itu. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCR-PM) Ja....

Suara Muhammadiyah

13 July 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Majelis Pendidikan Dasar, Pendidikan....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Setusari laksanakan Musyawarah Ranti....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Berita

MANADO, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Manado melaksanakan Ba....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menyambut pergantian tahun, Suara Muhammadiyah menyelenggarakan eve....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah