850 Kafilah DIY Siap Bersaing di OlympicAD VII Nasional

Publish

5 March 2024
UMB

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
175
Arif Jamali menyerahkan penghargaan kepada salah satu siswa sebagai motivasi (1/3).

Arif Jamali menyerahkan penghargaan kepada salah satu siswa sebagai motivasi (1/3).

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Setelah selesai menyelenggarakan Olimpiade Ahmad Dahlan (OlympicAD) DIY 2024, tercatat sebanyak 850 siswa terjaring untuk mewakili sekolah masing-masing. Mereka akan berkompetisi dalam ajang yang lebih tinggi yaitu OlympicAD VII Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan selama tiga hari, Rabu-Jumat, 5-8 Maret 2024 di Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB).

Guna meningkatkan semangat dan memotivasi para Kafilah DIY, Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal menyelenggarakan agenda “Motivasi dan Pembinaan Peserta OlympicAD” secara serentak di tiga lokasi berbeda, dan sekaligus menyerahkan uang pembinaan kepada para juara OlympicAD DIY (1/3). 

Arif Jamali dalam arahanan mengatakan bahwa menjadi terbaik akan mendapatkan kemudahan, sebagaimana perintah Allah Swt. dalam surah QS. Ali-Imran Ayat 110. “Kita sebagai orang Islam dituntut untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik agar hidup kita mudah. Caranya dengan memperkuat niat dan berusaha semaksimal mungkin,” tegasnya.

Sebab, lanjut Arif Jamli, dalam surah Ar-Rad Ayat 11 Allah Swt. telah berfirman bahwa tidak akan mengubah suatu kaum, kalau kaum itu sendiri yang tidak mau mengubahnya. “Tugas penting yang perlu kita lakukan adalah berusaha, berdoalah dan berjuang sebaik-baiknya. Kalau mendapat juara itu anugerah dari Allah, kalaupun tidak mendapat juara pasti mendapat kebaikan-kebaikan lainnya,” ujar Arif Jamali.

“Maka manfaatkan sebaik mungkin kesempatan emas ini. Dan selalu menanamkan jiwa fastabiqul khairat. Tidak hanya berlomba-lomba dalam kebaikan, tetapi juga berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Insyaallah, kita akan menjadi sebagai generasi terbaik,” tutup Arif Jamali. 

Lebih lanjut, Kafilah DIY Jenjang SD/MI mendapat motivasi dan pembinaan dari Drs. Rochmad, M.Pd., Tsania Nu Diyana, M.Pd., dan Heriyanti, S.Pd., M.M. bertempat di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Sementara Kafilah DIY Jenjang SMP/MTs digelar di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini dipimpin Achmad Muhamad, M.Ag., selaku Ketua Dikdasmen dan PNF DIY, Fathur Rahman, M.Si., Elpin Eliana, M.Pd., dan Dra. Nurmahmi, M.Ag. Dan untuk Kafilah DIY Jenjang SMA/SMK/MA diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dihadiri oleh Arif Jamali Muis, M.PD selaku Sekretaris PWM DIY, bersama Drs. Sarjono, M.Si., Dr. Siti Dyah Handayani, S.E., M.M., Solikhin, M.Pd., Dr. Sabar Nurohman, M.Pd., dan Dr. Sadam Fajar Shodiq, M.Pd. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah – Mengisi peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1445 H pada ....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Perkuat ekosistem pemberdayaan kelompok tani, Majelis Pemberda....

Suara Muhammadiyah

13 December 2023

Berita

BOJONEGORO, Suara Muhammadiyah - Resepsi puncak Milad Emas 50 tahun RS ‘Aisyiyah Bojonegoro di....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah – Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelengga....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Jawa Timur (Mudipat) menoreh presta....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah