‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur Sukses Adakan Penyuluhan dan Cek Kesehatan Gratis

Publish

2 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
143
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TANGSEL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur mengadakan pengabdian masyarakat dalam bentuk cek kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan, bazar dan ta’lim pada Ahad, 28 Januari 2024. Kegiatan ini merupakan rangkaian Safari Aisyiyah yang sekaligus menandai berdirinya Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur yang berada di Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Berlangsung di Masjid Baitul Adni, Cluster Adena Graha Raya Bintaro, safari perdana ‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur diawali dengan cek kesehatan yang terdiri dari cek tensi, asam urat dan gula darah di pelataran masjid. Setelah melakukan cek kesehatan, warga dapat berbelanja berbagai produk UMKM seperti makanan, minuman, hingga batik dan kerajinan tangan yang digelar di bazar. Pada kesempatan tersebut juga dijual Lezat Mu, mi sehat berkualitas yang diluncurkan oleh Muhammadiyah. Antusiasme warga cukup tinggi dengan larisnya dagangan yang dipasarkan oleh para pegiat UMKM lokal tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan oleh dr. Ainun dari Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Serpong Utara sekaligus dokter di Klinik Muhammadiyah BSD. Dalam paparannya Ainun menekankan pentingnya resolusi kesehatan di awal tahun dengan menyeimbangkan tiga aspek penting yakni aspek fisik, mental dan sosial. Aspek fisik bisa dicapai melalui olahraga teratur, diet nutrisi seimbang, dan pemeriksaan kesehatan berkala. Sedangkan aspek mental dapat diupayakan dengan mengelola stress sehingga kualitas hidup meningkat. Terakhir yang tak kalah penting adalah aspek sosial, yang dapat diperoleh dengan cara terlibat di berbagai kegiatan sosial seperti yang dilakukan di Aisyiyah sehingga dapat tercipta hubungan sosial yang sehat. Keseimbangan dari ketiga aspek tersebut diharapkan mampu berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

Seusai penyuluhan kegiatan, disambung dengan ta’lim kajian oleh Ustadz Edi Suharmoyo dari Pimpinan Ranting Muhammadiyah Pondok Jagung Timur. Dalam ceramahnya, Ustadz Edi menyampaikan pentingnya komunikasi keluarga dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Seorang wanita secara fitrah berbeda dengan laki-laki sehingga masing-masing harus bisa memahami karakteristik masing-masing dan mengupayakan komunikasi terbaik dengan mencontoh keteladanan sikap Rasulullah SAW dalam kehidupan berumah tangga, seperti misalnya, bersikap lembut terhadap istri. Sebaliknya, istri juga harus memahami betul hak-hak suami yang harus ia tunaikan.

Ketua Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah, Ida Budiyani, A.Md menyampaikan harapannya agar ke depan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan mengingat antusiasme warga yang luar biasa. “Meskipun baru pertama kali dilakukan, kegiatan  Safari 'Aisyiyah yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Pondok Jagung Timur, dalam hal ini oleh Majelis Tabligh & Ketarjihan yang berkolaborasi dengan Majelis Kesehatan dari Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Serpong Utara Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga keberadaan 'Aisyiyah di lingkungan Pondok Jagung Timur ini membawa kemaslahatan bagi umat dan seluruh warga masyarakat.”

Tak hanya tanggapan positif Pengurus DKM Masjid Baitul Adni Adena dan  Pengurus RW juga menyambut baik dan mendukung kegiatan-kegiatan positif Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah  di lingkungan Pondok Jagung Timur.

Sekretaris Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur, Anie Suharmoyo, SE menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya Safari ‘Aisyiyah menjadi penghubung antara Aisyiyah dengan warga masyarakat secara umum. “Kami berharap ke depannya seluruh anggota ‘Aisyiyah dapat  mengambil peran dengan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka meningkatkan potensi dan kualitas anggota maupun masyarakat.”

Ketua Majlis Tabligh dan Ketarjihan ‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur, Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si juga mengucapkan rasa syukurnya atas keberhasilan kegiatan perdana Safari ‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur. Kegiatan ta’lim ketika dipadukan dengan penyuluhan kesehatan, cek kesehatan gratis hingga bazar  diharapkan memberikan manfaat yang lebih banyak dari berbagai aspek mulai aspek spiritual, sosial, kesehatan hingga kebermanfaatan ekonomi bagi warga.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Setelah resmi dideklarasikan, Ikatan Jurnalis Indonesia (IKAJI) ....

Suara Muhammadiyah

13 December 2023

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pengajian Akbar, Dalam rangka Halal bihalal dan Hari Bermuhammadiyah, P....

Suara Muhammadiyah

7 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Kafilah SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta jurusan Broadcasting turut serta....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

TANGSEL, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang kembali Goes to Campus digelar ....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dewan Keamanan PBB baru baru ini mengeluarkan resolusi yang menjadi pe....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah