Aisyiyah Sumatera Utara Gelar Konsolidasi Organisasi di Enam Zona

Publish

15 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
186
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah-  Konsolidasi Aisyiyah Sumatera Utara Zona-III berlangsung di Kota Sidikalang, Dairi, Ahad (14/1). Konsolidasi yang mengambil tempat di Perguruan Muhammadiyah Sidikalang itu dihadiri Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB) dari PD Aisiyiyah Kota Medan, PD Aisyiyah Karo, PD Aisyiyah Pematang Siantar,  PD Aisyiyah Phapak Barat dan PD Aisyiyah Dairi, sebagai tuan rumah.

Hadir pada acara konsolidasi ini, Ketua PW Aisyiyah Sumatera Utara Dr. Nur Rahmah Amini, Sekretaris PW Aisyiyah Yuniar R. Yoga, Ketua PD Aisyiyah Kota Medan Kholisani Nasution, Ketua PD Aisyiyah Karo Juli Herawati AMd,  Ketua PD Aisyiyah Dairi  Hj. Yusriati Munthe, Ketua PD Aisyiyah Pematang Siantar Hanifah Harahap dan Ketua PD Aisyiyah Phakpak Barat  Sulastri SAg.

Konsolidasi Aisyiyah Sumatera Utara itu dibuka oleh Wakil Ketua PD Aisyiyah Dairim, Fitri Berutu, yang menyampaikan apresiasi  atas terselenggaranya konsolidasi dengan pola zonasi yang menzonasikan PDA yang kuat dan PDA yang masih dalam pembinaan. Diharapkan, konsolidasi dapat ditindaklanjuti secara berkala.

Konsolidasi KSB Aisyiyah Sumatera Utara berlangsung di beberapa kota (zona).  Untuk Zona - I berlangsung di Rantau Prapat yang diikuti PD  Aisyiyah Labuhan Batu, PD Aisyiyah Labuhan Batu Selatan dan PD Aisiyiyah Labuhan Batu Selatan, sedangkan  Zona-II berlangsung di Kota Binjai yang diikuti PDA Langkat, PDA Binjai, PDA Deli Serdang.

Konsolidasi Zona IV  berlangsung di Tanjung Balai dengan peserta, PDA Tanjung Balai, PDA Asahan, PDA Batubara dan PDA Simalungun. Konsolidasi Zona-V di Gunung Sitoli, diikuti PDA Gunungsitoli, PDA Nias Utara, PDA Tap-Teng, PDA Sibolga dan PDA Nias Selatan (Pembinaan). Dan terakhir konsolidasi di Zona-VI akan berlangsung di Kota Padangsidimpuan, yang diikuti PDA Padangsidimpuan, PDA Tapanuli Selatan, PDA Mandailing Natal dan PDA Padanglawas.

Pengutan Peran KSB Aisyiyah

Sekretaris PW Aisyiyah Sumatera Utara, Yuniar R. Yoga SE menjelaskan konsolidasi KSB Aisyiyah Sumatera Utara dilakukan guna memperkuat peran dan fungsi Ketua, Sekretaris dan Bendahara dalam melaksanakan operasional organisasi. " Diharapkan KSB di seluruh pimpinan daerah akan dapat bergerak seirama sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," jelas Yuniar. Dikatakannya, konsolidasi akan ditindaklanjuti dengan berlangsungnya komunikasi yang intensif antara pimpinan daerah, diharapkan  akan terjadi saling membina antara pimpinan daerah yang kuat dengan pimpinan daerah yang masih membutuhkan pembinaan," jelas Yuniar.

Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara, Dr. Nur Rahmah Amini MAg  menyampaikan apresiasi atas kehadiran Pimpinan Daerah Aisyiyah pada program konsolidasi KSB. Diharapkan konsolidasi ini, selain sebagai media silaturrahim, juga menjadi media sharing seassion antara pimpinan daerah. " Karena permasalahan yang dihadapi masing-masing daerah berbeda, dan forum ini dapat menjadi media untuk saling berbagi bagaimana cara memecahkan masalah yang dihadapi," kata Nur Rahmah Amini.

Nur Rahmah Amini pada awal pembunaan zona-III itu menyampaikan materi ideologi Muhammadiyah/Aisyiyah yang harus dipahami dengan benar oleh pimpinan persyarikatan.

Pada pertemuan Konsolidasi itu, peserta dibagi dalam dua kelas. Pertama, kelas ketua yang membahas peran dan fungsi ketua persyarikatan. Kelas ketua ini lebih menitberatkan pada persoalan strategis Aisyiyah. Kemudian kelas Sekretaris dan Bendahara yang membahas peran dan fungsi seorang sekretaris dan bendahara. Kelas ini lebih menitikberatkan pada persoalan teknis administrasi dan keuangan.

Konsolidasi di Zona-I, Zona II dan Zona III sudah berlangsung dengan baik. Bersamaan dengan konsodliasi zona-III juga berlangsung konsolidasi Zona IV di Tanjung Balai, sedang Zona V akan berlangsung pada tanggal 19-20 dan  Zona VI akan berlangsung setelah Pemilu.   (Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BALI, Suara Muhammadiyah - Bertepatan dengan hari pahlawan dan jelang Milad Muhammadiyah 111 tahun, ....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Salah satu upaya untuk mengurangi limbah organik adalah dengan mengguna....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Klinik Unismuh Medical Center (UMC) telah memperoleh pencapaian luar ....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Hari ke-2 Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-23 Pimpinan Wilayah (PW) Ikat....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJi menggelar wisuda lulusan UMJ un....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah