Ajari Anak-Anak Dusun Berkreasi Menggunakan Cap Tangan

Publish

2 March 2024
uad
KKN

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
135
KKN UAD Unit VII.D.1

KKN UAD Unit VII.D.1

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit VII.D.1 mengadakan kegiatan kreatif bersama anak-anak Dusun Depok, Gilangharjo, Pandak, Bantul pada hari Selasa (27/02) sore. Kegiatan tersebut bertajuk "Berkarya Bersama Ciptakan Seni Cap Tangan Penuh Warna" yang diikuti sekitar 20 anak usia 5-12 tahun dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas dan melatih motorik pada anak. 

Nizhaambiq Elbanny, Ketua Unit VIII.D.1 menargetkan kegiatan perpisahan yang seru dengan anak-anak Dusun Depok dan memiliki manfaat positif bagi anak-anak yaitu untuk mengembangkan kreativitas anak-anak, menumbuhkan rasa cinta seni, dan mempererat tali persaudaraan.

Kegiatan perpisahan tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 27 Februari 2024, setelah disepakati bersama oleh kelompok KKN UAD Unit VIII.D.1, anak-anak Dusun Depok, serta koordinasi langsung dengan Karang Taruna FKMD (Forum Komunitas Muda-mudi Depok). Bertempat di halaman Masjid Al-Furqoon Dusun Depok, Gilangharjo, Pandak, Bantul.

Kegiatan perpisahan diawali dengan penjelasan singkat tentang kegiatan dan cara membuat karya seni cap tangan, kemudian anak-anak memilih warna cat yang mereka sukai, dilanjutkan dengan menempelkan telapak tangan mereka pada banner dan vest unit, dan kemudian mengangkatnya untuk menghasilkan cetakan tangan yang unik. Selain itu, Anak-anak bebas berkreasi dengan menambahkan gambar dan pola pada karya mereka.

Suasana ceria dan penuh semangat terlihat dari wajah anak-anak selama mengikuti kegiatan ini. Mereka saling membantu dan bertukar ide dalam membuat karya seni cap tangan. Hasilnya, banner dan vest unit menjadi lebih indah dan unik dengan adanya karya seni cap tangan anak-anak.

Salah satu anak yang mengikuti kegiatan ini, Raras (6 tahun) mengaku senang dengan kegiatan ini. "Senang sekali bisa menggambar pakai tangan dan hasilnya bagus," kata Raras.

Kegiatan perpisahan ini menghasilkan karya seni cap tangan yang indah dan unik. Anak-anak terlihat sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut juga memberi bermanfaat untuk meningkatkan interaksi dan kerjasama antar anak.

Dosen Pembimbing Lapangan Nurul Hidayati Rofiah, M.Pd.I, Ph.D, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dan upaya untuk mencerahkan kehidupan umat. "Kegiatan ini selaras dengan nilai-nilai Muhammadiyah yang mengedepankan pendidikan dan pengembangan kreativitas anak-anak," kata Nurul.

Lebih lanjut, Nurul menjelaskan bahwa nilai-nilai Kemuhammadiyahan yang ditanamkan dalam kegiatan ini antara lain. Ta'awun (Kerjasama): Anak-anak diajak untuk saling membantu dan bertukar ide dalam membuat karya seni cap tangan. Taqwa (Ketaqwaan): Menumbuhkan rasa cinta seni dan keindahan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ihsan (Kebajikan): Melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi anak-anak Dusun Depok, khususnya dalam mengembangkan kreativitas, menumbuhkan rasa cinta seni, dan memperkuat nilai-nilai Kemuhammadiyahan.

Berkat dukungan dan tanggapan yang baik dari masyarakat di Dusun Depok, kegiatan berkreasi cap tangan tersebut sukses dilaksanakan. Bapak Suratija, selaku Kepala Dukuh Depok memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan perpisahan dengan anak-anak di Dusun Depok tersebut, "jarang-jarang loh Mas, anak-anak bisa dikumpulkan sebanyak itu," Ujar Suratija.

Kegiatan berkreasi cap tangan merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi KKN UAD Unit VIII.D.1. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak di Dusun Depok dan meningkatkan kreativitas mereka.

KKN UAD merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa UAD. KKN UAD bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah diperolehnya di bangku perkuliahan untuk membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) yang didirikan oleh Muhammadiyah pada tanggal 4 Juni 1994. UAD bercita-cita menjadi universitas unggul dan Islami yang mampu melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang beriman, berilmu, dan beramal. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Abdul Mu’ti, Sekretaris Majelis Pendidikan....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Cabang Muhammadiyah Pallangga Gowa terus menggerakkan dan menyebarkan syi....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2023, Pimpinan Wilayah....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Tim Risetmu Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) t....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Wakil Direktur 1, A.M. Fadhil Hayat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Di....

Suara Muhammadiyah

6 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah