AMM Sumut Suarakan Aksi Bela Pelestina di Konsulat AS

Publish

11 November 2023
amm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
184
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiiyah - Kedzaliman Zionis di Jalur Gaza, Palestina yang membombardir pumukiman sipil, pengungsian dan rumah sakit dipandanag sudah sangat keterlaluan. Kedzaliman itu tidak boleh dibiarkan dan harus dihentikan.

Begitu narasi protes yang disampaikan Angkatan Muda Muhammadiyah Sumatera Utara yang menggelar unjuk rasa bela Palestina di Konsulat Jendral Amerika Serikat Gedung Uniland Plaza Jl. Let. Jend. M.T Haryono Kota Medan, Jum’at (10/11/2023).

Tiga organisasi otonom Muhammadiyah Sumatera, yakni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Nasyiatul Aisyiyah (NA) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) bergabung menyuarakan protes mereka ke konsulat Amerika yang terang-tengah berpihak kepada zionis dan tidak memberi empati kepada ribuan korban di jalur Gaza.

Aksi tiga ortom muda Muhammadiyah itu berangkat dari Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara (GDMSU) di Jalan Sisingamangaraja 136 Medan atau dari depan Makam Pahlawan, Medan. Diperkirakan peserta aksi mencapai sekitar 1000 orang berasal dari berbagai sekolah Muhammadiyah dan perguruan tinggi Muhammadiyah.

Aksi mendapat apresiasi dari banyak pihak sepanjang jalur jalan yang ditempuh. Peserta aksi yang berusia muda itu menggunakan pakaian dan atribut Palestina yang berwana semangka itu. Orasi sudah dimulai disepanjang jalan yang dilalui, mulai dari jalan Sisisingamangaraja sampai ke Jalan Letjen Haryono MT dimana Konsulat Jendral Amerika berkantor di Gedung Uniland.

“Kami meminta agar Kedutaan besar Amerika serikat dan Inggris beserta representasi negara lain yang berada di pihak zionis Israel segera di usir dari Indonesia," ucap Muhammad Arifuddin Bone Ketua Umum DPD IMM Sumut. Teriakan bebaskan Palestina, Palestina Merdeka terdengar digaungkan sangat keras.

Uniknya, karena aksi bertepatan dengan hari Jumat sedang aksi berlangsung pukul 11 Wib, maka peserta unjuk rasa juga menggelar ibadah Sholat Jumat berjamaah di jalanan serta Bermunajat Keselamatan dan Kesehatan Bagi para Mujahid-Mujahidah yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Aksi tidak hanya menyampaikan narasi protes dan kecamatan kepada zionis Israel itu, tapi masa juga mengumpulkan dana untuk membantu kesulitan muslim di Gaza. Dana yang diperolah pada aksi ini akan disalurkan melalui LazisMu Sumatera Utara untuk diteruskan ke LazisMu Pusat. (Syaifulh/Masnal Rivai/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Tabligh....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

PEKANBARU,S uara Muhammadiyah - Pada hari Jum'at, 23 Februari 2024, Masjid At-Taqwa PCM Bathin ....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) ....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Event Pemilu 2024 yang dimanfaatkan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas ....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah