Anak Bebas Tuberkulosis, MPKS Berikan Edukasi Kesehatan

Publish

14 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
153
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Makassar kembali menghelat kolaborasi kegiatan sensitisasi TBC bersama Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB).

Kolaborasi kegiatan sensitisasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian TBC di lingkungan asrama Panti Asuhan Putera Bahagia Aisyiyah, Jl Baruga Antang Kota Makassar, Senin (13/5/2024).

Ketua MPKS Muhammadiyah Makassar, Subani Martonadi mengatakan bahwa kegiatan ini adalah yang kedua dilaksanakan setelah sebelumnya juga dilakukan di Panti Asuhan Sejati Aisyiyah.

"Ini akan terus kami giatkan bersama Yamali TB dan TB Rangers sebagai komunitas pegiat TBC, guna memastikan bahwa LKSA di bawah MKPS telah teredukasi terkait penyakit menular dan dapat menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) dengan bimbingan secara terpadu kepada para anak didik di LKSA," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panti Asuhan Putera Bahagia, Abd Rahman menyambung dengan menyampaikan antuasinya atas kegiatan yang dilakukan MPKS Makassar dan Yamali TB.

Menurutnya banyak nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan sensitisasi TBC yang dilaksanakan terlebih lagi untuk anak-anak usia dini.

“Acara seperti ini mungkin terlihat sepela tapi banyak ilmu yang bisa diterima, edukasi yang diberikan tentu dapat diterapkan anak-anak ke keseharian mereka sehingga mereka jadi lebih tau tentang batas yang harus diterapkan jadi tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka,” jelasnya.

Rahman berharap kegiatan seperti ini dapat diperbanyak dan rutin dilakukan, termasuk di Panti Asuhan Putri Bahagia yang ada di Jl. Muhammadiyah Makassar.

Sensitisasi Panti Asuhan ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam, dengan diawali pemberian materi dasar tentang TBC dan khususnya TBC pada anak dan remaja.

Ada pula games bersama, serta pemeriksaan kesehatan kepada semua anak binaan. Kegiatan pun interaktif dari dua arah baik dari para anak panti dan TB Rangers. (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar Silaturahmi Halal Bi Halal....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Ikatan Pelajar Muhammadiyah harus mampu untuk menciptakan gagasan baru ....

Suara Muhammadiyah

17 December 2023

Berita

Majelis Kesehatan PP Aisyiyah Gelar Seminar Perubahan Iklim YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majeli....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Bulan Ramadan adalah bulan tarbiyah, bulan mulia yang merupakan momen....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Melalui program Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarika....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah