Animal Welfare Pada Ayam yang Dibudidayakan

Publish

13 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
217
pixabay

pixabay

Oleh: Drh. H. Baskoro Tri Caroko

National Poultry Technical Consultant. LPCRPM PP Muhammadiyah Bidang Pemberdayaan Ekonomi Seni dan Budaya

As-Salam, adalah alah satu al-asma’ al-husna (nama terbaik) Allah SWT adalah Yang Maha Pemberi Keselamatan, Kesejahteraan, dan Kedamaian. Dan Allah SWT menciptakan semua mahkluk dengan keseimbangan, sempurna, tidak mengandung cacat dan cela sedikit pun, dan tidak ada satupun yang diciptakan dengan sia-sia. Mengaktualisasikan, mengimplementasikan dan mengembangkan nilai keselamatan, kedamaian,  dan kesejahteraan dalam kehidupan sehari-hari merupakan bagian integral dari tauhid rububiyyah, yang mengimani Allah SWT sebagai sumber As-Salam.

Ayam merupakan salah satu makhluk yang tercipta dengan keseimbangan, komplit beserta fasilitas hidupnya berupa ekosistem yang sesuai dan kebutuhan logistik berkualitas antara lain pakan, minum, oksigen dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan ayam untuk menjalani peran dalam rantai makanan, hidup, tumbuh dan berkembang biak tersedia menjadi salah satu sumber pangan untuk kesejahteraan manusia, dari Allah SWT  Yang Maha Mensejahterakan. 

Pangan, menurut UU RI No. 18 tahun 2012, merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia yang dijamin dalam UUD Negara RI tahun 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Pemenuhan kebutuhan pangan dapat dilakukan dengan cara memproduksi pangan sendiri melalui kegiatan budidaya ternak.

Kegiatan budidaya memaksa ayam tinggal pada lingkungan buatan didalam kandang, dengan sirkulasi udara terbatas, aktifitas makan dan minum tergantung pemberian manusia, tidur dan buang kotoran dilakukan ditempat yang sama, akibatnya lingkungan tercemar oleh kotorannya sendiri, udara di dalam ruangan kandang menjadi lembab, pengap dan bau amoia yang semakin parah disetiap harinya. 

Karena ayam yang dibudidayakan seluruh hidupnya didedikasikan untuk kesejahteraan manusia maka terpenuhinya Animal Welfare (kesejahteraan hewan) pada ayam budidaya sepenuhnya menjadi tanggung jawab manusia yang memeliharanya. Tanggung jawab manusia untuk memenuhi Animal Welfare (Kesejahteraan Hewan) bagi ayam yang dibudidayakan meliputi kebutuhan sebagai berikut :

1.       Pakan yang berkualitas dalam jumlah mencukupi

2.       Air minum bersih yang selalu siap tersedia 

3.       Udara kaya oksigen, segar tanpa bau amonia. 

4.       Terlindung dari panas atau hujan, 

5.       Aman dari ancaman serangan predator 

6.       Terjaga dari prilaku kanibalism.

7.       Leluasa beraktifitas tanpa ada kompetisi

8.       Terbebas dari stress berlebihan akibat perlakuan kasar 

9.       Terhindar dari berbagai macam sumber penyakit.

Terpenuhinya kesejahteraan bagi ayam ras layer, broiler, dan kampung merupakan kunci penting agar terjaga tetap sehat, mampu tumbuh cepat dan sempurna, keseragaman bobot lebih merata, konversi pakan rendah, kematian sedikit, sehingga yang dipelihara ayam lebih produktif dan efisien.

Pemenuhan kesejahteraan ayam menggunakan pola holistik dengan  memperhatikan faktor manusia, ayam, lingkungan dan interaksi diantara ketiganya serta pengaruhnya terhadap kesejahteraan ayam. Ayam yang terjaga kesejahteraannya mampu tumbuh sempurna, sehat dan produktif sesuai potensi genetiknya sehingga tujuan mendapatkan laba dari budidaya ayam berhasil sukses sesuai harapan. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Baskoro Tri Caroko Menyimak webinar yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BR....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Wawasan

Menjaga Amanah Persyarikatan Oleh: Saidun Derani Pada Pembukaan Baitul Arqam Pimpinan  Univer....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Wawasan

Peran Strategis Dakwah Digital Oleh: Agusliadi Massere Ada banyak fungsi, tujuan, dan manfaat dakw....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Wawasan

Memaknai Sumpah Pemuda dan Refleksi Milad 58 Kokam Oleh: Badru Rohman Pemuda dalam lintas sejarah ....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Wawasan

Benarkah Muhammadiyah Kekurangan Kader Ulama? Oleh: Muhammad Utama Al Faruqi, Penerjemah Bahasa Ara....

Suara Muhammadiyah

17 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah