Antisipasi Kemarau, Lazismu Lampung Salurkan Program Sumur Wakaf

Publish

12 May 2024
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
168
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LAMTENG, Suara Muhammadiyah – LAZISMU Lampung merespon kebutuhan air bersih di TPA Al Falah Muhammadiyah Tanjung Jaya, Kecamatan Bangun Rejo, Kabupaten Lampung Tengah dengan menyalurkan program Sumur Wakaf. Pengeboran sumur wakaf ini dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2024 sebagai upaya antisipasi kebutuhan air bersih dan musim kemarau.

Kegiatan ini dihadiri oleh Nurholis, S.H.I., Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bangun Rejo, Aminudin, S.Pd., Kepala TPA Al Falah Muhammadiyah Tanjung Jaya, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Bangun Rejo dan Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Bangun Rejo.

TPA Al Falah Muhammadiyah Tanjung Jaya mengalami kekurangan air bersih. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki, terutama pada kebutuhan air. Air sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan harian pengasuh, santri, dan lingkungan sekitar TPA, seperti mandi dan cuci, berwudhu, dan lain sebagainya. Keterbatasan air ini semakin terasa saat musim kemarau, di mana sumur TPA yang ada sebelumnya tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan air.

LAZISMU Lampung hadir untuk membantu mengatasi permasalahan air bersih di TPA Al Falah dengan Program Sumur Wakaf. Program ini menyediakan sumur bor yang mampu memenuhi kebutuhan air bersih secara berkelanjutan.

Pengeboran sumur wakaf di TPA Al Falah berjalan lancar dan tidak memakan waktu lama. Sumur bor mencapai kedalaman hingga 26 meter. Diperkirakan proses pengurasan hingga air menjadi jernih akan memakan waktu kurang lebih 6 hari.

Sumur Bor Wakaf LAZISMU memberi dampak yang besar bagi TPA Al Falah dan lingkungan sekitarnya. Keberadaan sumur ini akan membantu memenuhi kebutuhan air bersih untuk memenuhi kebutuhan harian pengasuh, santri, dan lingkungan sekitar, seperti mandi dan cuci, berwudhu, dan lain sebagainya. Selain itu, sumur ini juga akan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan pengasuh dan santri TPA Al Falah dan lingkungan sekitarnya.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bangun Rejo, Nurholis, S.H.I., menyampaikan rasa terima kasih kepada LAZISMU Lampung atas bantuan sumur wakaf ini. "Sumur wakaf ini sangat bermanfaat bagi TPA Al Falah dan lingkungan sekitarnya. Kami berharap program ini dapat terus berlanjut sehingga lebih banyak pondok pesantren yang dapat terbantu," ujarnya.

Kepala TPA Al Falah Muhammadiyah Tanjung Jaya, Aminudin, S.Pd., juga menyampaikan apresiasinya kepada LAZISMU Lampung. "Alhamdulillah, dengan adanya sumur wakaf ini, kebutuhan air bersih di TPA Al Falah akan terpenuhi. Terima kasih kepada LAZISMU Lampung atas kepeduliannya," tuturnya.

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Bangun Rejo dan Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Bangun Rejo menyatakan manfaat yang luas bagi santri dan warga sekitar. "Sumur wakaf ini akan memberi manfaat yang luas terutama bagi santri TPA Al Falah dan warga sekitar TPA Al Falah," ujar mereka.

Program Sumur Wakaf LAZISMU merupakan salah satu bentuk kepedulian LAZISMU terhadap pendidikan Islam. Dengan program ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dijadwalkan mengunj....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Berita

TASHKENT, Suara Muhammadiyah – Hj. Zesmita Umar, SH, Kepala SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamu....

Suara Muhammadiyah

1 May 2024

Berita

BANJARNEGARA, Suara Muhammadiyah - Jawa Tengah (7/5/2024). Selain berperan sebagai pusat keuangan Mu....

Suara Muhammadiyah

8 May 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr. Saidul Amin, MA., me....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Takjil menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, te....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah