Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove

Publish

27 April 2024
mlh

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
96
Doc MLH PP Muhammadiyah

Doc MLH PP Muhammadiyah

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah - Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat (MLH PP.) Muhammadiyah lakukan penanaman 1000 Pohon Mangrove di Kulon Progoro pada Sabtu, 27 April 2024. Kegiatan penanaman tersebut, menurut ketua MLH Azrul Tanjung SE., MSi sebagai bagian dari program Eco-Village di dalam meresponse Perubahan Iklim akibat dari naiknya permukaan air laut dan terjadinya abrasi di sepanjang Selatan pantai Jawa. 

Kegiatan dilakukan di Kelompok Tani Hutan Mangrove (KTH) Pasir Kadilangu, seluas 25 hektar di Temon Kulon Progro, Daerah Istimewa Yogyakarta. Azrul Tanjung menyampaiakan, MLH akan terus melanjutkan melakukan penanaman pohon baik di KTHM Kadilangu sebanyak 50.000 pohon maupun di sepanjang Selatan Pulau Jawa. Dimana harapannya untuk sepanjang pantai selatan Jawa MLH bisa menanam 1 juta pohon.

"Kita berharap KTH Kadilangu ini menjadi pilot project untuk kita tanam sampai selesai, sisa masih 50.000 pohon lagi akan kita tanam," ujarnya. 

Harapannya ke depan program tersebut bisa manggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK RI). Sekaligus diiringi dengan pemberdayaan terhadap Masyarakat dan pengembangan eko-wisata. 

"Khusus untuk KTH ini kan lokasinya dekat ke Bandara, Jogja juga merupakan ibu kota Muhammadiyah. Kalau dikembangkan dengan insfarstuktur wisata yang ada ini bisa menjadi tempat kegiatan-kegiatan Muhammadiyah se-Indonesia di Jogja, sekaligus memberikan pemasukan kepada masyarakat" imbuh Azrul yang juga merupakan Wasekjen Majelis Ulama Indoensia (MUI) tersebut. 

Penanaman 1000 pohon mangrove tersebut merupakan kerjasama MLH PP. Muhammadiyah, Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LPM UMY), dan BPDAS Serayu Opak Progo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 100 orang peserta dari mahasiswa Ilmu Pemerintahan UMY, anggota KTHM dan Masyarakat Kulon Progo.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Australia Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) adakan kunjungan d....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar internasio....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 285 kader HW Qobilah Jenderal Sudirman dan Fatmawati Pesantre....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

MAROKO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat 'Aisyiyah melalui MDMC telah menyalurkan bantuan kepada ....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Tiga mahasiswa UM Bandung yang tergabung dalam “The Adam&r....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah