Awali Bulan Rajab, Meneladani Berbagai Amalan Keseharian Rasullullah SAW

Publish

14 January 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
253
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JEPARA, Suara Muhammadiyah - Pengajian ahad pagi yang biasa dikenal oleh jamaahnya dengah istilah “Jihad Pagi” diselenggarakan setiap hari ahad oleh Takmir Masjid bertempat di Masjid At Taqwa, Jl.AR.Hakim. Kauman Jepara Jawa Tengah 59417 , kali ini  pada 14/01/2024 M bertepatan dengan 2 Rajab 1445 H,  menghadirkan ustadz H. Masrifan Djamil, beliau seorang doktor juga dokter asal Jepara, aktivis  dan  salah satu kader muhammadiya,  keseharian beraktifitas di Semarang.

Pertama kali yang dibahas adalah tentang bagaimana tuntunan wanita dalam menjalankan ibadah sholat, menurut beliau harus  mempedomani sabda Rasu;llullah yang artinya: "Sebaik-baik tempat untuk sholat bagi wanita adalah di dalam rumahnya." (HR Ahmad, Thabrani, dan Al-Hakim) juga berpedoman pula pada sabda Rasullullah yang artinya: "Janganlah kalian melarang wanita pergi ke masjid (untuk sholat) walau rumah mereka lebih baik bagi mereka." (HR Ahmad dari Ibnu Umar), “Terangnya.

Perlunya berpedoman pada Qs Ali Imran 145 ,”Agar  setiap insan selalu mengingat bahwa yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala (dunia) itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu, dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.,”kutipnya.

Lebih lanjut dikupas juga tentang kesuksesan orang muslim menurut Al Qur'an, banyak sekali  yang patut dipedomani, antara lain :Ali 'Imran (3): 185; Al-Mu'minun (23): 11 dan  Al-Bayyinah (98): 8.

Metode pengajian di setting menjadi komunikasi 2 arah, “Jamaah tidak hanya mendengarkan saja, namun disertai tanya jawab berupa kuis dan diberikan hadiah,, para jamaah yang bisa menjawab pertanyaan, dicatat oleh sekretaris yaitu Hj Sulistyowati dan yang akan membagikan hadiah yaitu nyonya Masrifan Djamil sebagai bendahara,” jelasnya.

Acara diakhiri dengan berdoa bersama dan menurut H. Masrifan Djamil, “Pembahasan tentunya tidak hanya materi ini saja, namun masih banyak yang perlu dibahas, semoga masih diberi kesempatan oleh takmir masjid, untuk membahas lebih lanjut lagi di kemudian hari,” imbuhnya.

Gayung bersambut, diungkapkan oleh Takmir masjid Takwa, H.Sadali, menyatakan bahwa ”Metode komunikasi 2 arah ini, sangat bermanfaat bagi jamaah dan tentunya menambah semangat untuk selalu mengingat Allah SWTdengan cara tidak hanys membaca Al Qur’an saja, namun menghayati dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (Dafia)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus selenggarakan seminar internasional (5/12....

Suara Muhammadiyah

6 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Daerah Muhamma....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

ABUDHABI, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama beberapa rektor Perguruan T....

Suara Muhammadiyah

5 February 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Dewan Amaliah Qobilah Soedirman SMA Muhammadiyah 1 Babat tahun bhakti....

Suara Muhammadiyah

7 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sambut pemudik jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, Universitas Muhamm....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah