Bahas Pengembangan Akademik Bidang Islamic Studies, FAI UAD Gelar Studium Generale

Publish

19 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
159
Studium Generale FAI UAD

Studium Generale FAI UAD

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar studium generale bertajuk Kebijakan Pengembangan Akademik Bidang Islamic Studies di Lingkungan PTKI. Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia hadir sebagai pembicara utama. Kegiatan tersebut digelar Selasa, 16 Januari 2024 di Amphiteater Fakultas Kedokteran UAD.

Prof Dr Muchlas, MT Rektor UAD dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Dirjen Pendis Kemenag RI ke UAD. “Kami berharap melalui studium generale ini, kami dapat memperoleh pengetahuan yang komprehensif terutama terkait dengan kebijakan dari Kementerian Agama RI terhadap perkembangan akademik bidang islamic studies,” ungkapnya.

“Setelah memahami islamic studies, kami berkeinginan untuk mengajukan dan memperdalam hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan ini. Sehingga sekiranya nanti pemerintah berkenan untuk memberikan izin operasional kepada program studi yang tengah kami ajukan, kami sudah dapat memahami kebijakan-kebijakan yang nantinya bisa derivasi menjadi kebijakan-kebijakan akademik bidang Islam di lingkungan UAD,” imbuh Muchlas.

Sementara itu, Prof Ahmad Muttaqin, S.Ag, M.Ag, M.A, Ph.D selaku Badan Pembina Harian (BPH) UAD menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa UAD dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) tidak hanya mengenal Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi juga mengenalkan Catur Dharma.

“Selain pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, ada satu lagi yakni dharma Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Ini menjadi dharma tersendiri. Oleh karena itu, Studi Islam S-3 menjadi sangat strategis untuk pengembangan dharma keempat di lingkungan PTMA,” ujarya.

Terakhir, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Prof. Muhammad Ali Ramdhani. Ia menjelaskan tentang pendidikan dan manusia. “Sesungguhnya yang sedang kita dilakukan saat ini, melalui lembaga pendidikan, pada dasarnya adalah melakukan ikhtiar untuk memanusiakan manusia, memuliakan manusia, dan memberdayakan manusia. (umh/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memeriahkan momentum Milad ke-27 Masjid Baiturah....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa penerima bea siswa Baznas Universitas Muhammadiyah Jakarta m....

Suara Muhammadiyah

5 April 2024

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Diinisiasi oleh Lembaga Resiliensi Bancana/ MDMC Kalimantan Teng....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Acara pelatihan Dai sekaligus menjadi rangkaian acara dalam Rapat Ke....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

Pengukuhan Muhammadiyah - Aisyiyah dan Sertijam PCNA Way Jepara LAMTIM, Suara Muhammadiyah - Pimpin....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah