YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 32 guru SD Muhammadiyah Sapen mengambil langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi akademik mereka dengan melanjutkan Studi Magister (S2) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Langkah ini merupakan bagian dari komitmen sekolah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme para pendidik.
Agung Rahmanto, S.H., M.Pd., Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Sapen, menjelaskan bahwa saat ini 40% dari seluruh guru di sekolah tersebut telah menyelesaikan pendidikan S2. Dengan tambahan 31 guru yang kini memulai perjalanan akademiknya, jumlah guru berpendidikan S2 diproyeksikan meningkat signifikan hingga mencapai 80%.
“Kami berkomitmen untuk terus mendukung para guru dalam pengembangan diri dan karier mereka. Dengan meningkatnya jumlah guru yang berpendidikan magister, kami berharap dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap kualitas pembelajaran di SD Muhammadiyah Sapen,” ujar Agung Rahmanto.
Langkah ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk orang tua siswa dan masyarakat sekitar, yang memandangnya sebagai upaya nyata untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar. Dengan dukungan penuh dari sekolah dan lingkungan akademik UNY, para guru diharapkan dapat menyelesaikan studi mereka dengan baik dan membawa wawasan baru ke dunia pendidikan.
SD Muhammadiyah Sapen dikenal sebagai salah satu sekolah dasar unggulan di Yogyakarta dengan berbagai prestasi akademik dan non-akademik. Kehadiran lebih banyak guru berpendidikan tinggi semakin memperkokoh posisinya sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen terhadap inovasi dan kualitas pendidikan.
Program ini merupakan hasil kerja sama antara Program Studi S2 PGSD Universitas Negeri Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Sapen. UNY menyambut baik antusiasme para guru SD Muhammadiyah Sapen untuk meningkatkan pengetahuan melalui program S2 ini. UNY juga menawarkan berbagai kemudahan dalam studi, termasuk sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), di mana pengalaman mengajar dihitung sebagai poin yang dapat dipertimbangkan untuk ekivalensi mata kuliah yang harus ditempuh.