Cibuk Kidul Menuju Destinasi Edu-Ekowisata Berbasis Digital

Publish

1 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
124
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Penelitian Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UKM KPM UMY) bersama dengan masyarakat Desa Margoluwih mengadakan Workshop Pelatihan Pengelolaan Website, yang selenggarakan di Desa Wisata Cibuk Kidul (31/7). Pelatihan ini dipandu oleh Muhammad Miftah, CEO dari Porcalabs Indonesia dengan tema “Optimalisasi Website Desa Wisata: Mengoptimalkan Website Desa Wisata Cibuk Kidul”. 

Acara ini bertujuan untuk melatih masyarakat dalam memanfaatkan website desa wisata guna mengembangkan potensi desa wisata Mina Padi Cibuk Kidul di Desa Margoluwih. Fokus utama pelatihan adalah meningkatkan manajemen pengelolaan destinasi edu-ekowisata berbasis digital di Yogyakarta.

Muhammad Miftah selaku pembicara utama dalam pelatihan ini menekankan pentingnya optimalisasi website di era digital. "Dengan pengelolaan website yang baik, kita bisa meningkatkan daya tarik desa wisata kita dan mempermudah akses informasi bagi wisatawan," ujar Miftah. Peserta belajar teknik-teknik dasar pengelolaan website dan cara memaksimalkan fungsinya dalam promosi desa wisata.

Kegiatan ini juga dihadiri Filosa Gita Sukmono selaku dosen pembimbing yang menekankan pentingnya website dalam pengelolaan desa wisata di era digital. “Website adalah pintu gerbang pertama wisatawan untuk melihat calon destinasinya, oleh karena itu workshop pengelolan website ini penting dalam rangka meningkatkan level Cibuk Kidul sebagai destinasi wisata di Yogyakarta,” tegas Filosa dalam sambutanya. 

Workshop ini juga berfungsi sebagai wadah untuk mempertemukan masyarakat dan mahasiswa tentang pengelolaan desa wisata berbasis digital. Melalui kolaborasi ini, diharapkan muncul ide-ide inovatif yang dapat memajukan desa wisata dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan pada ekonomi dan budaya lokal. Dengan demikian, Desa Wisata Cibuk Kidul dapat menjadi contoh sukses desa wisata digital, menarik lebih banyak pengunjung, dan memperkuat potensi ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Kantor Layanan (KL) Lazismu Jatinegara telah menyalurkan paket sembako k....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

TANGSEL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Pondok Jagung Timur mengadakan ....

Suara Muhammadiyah

2 February 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Pusat Studi Bahasa dan Perubahan Sosial UMS Bersama Lembaga Bahasa da....

Suara Muhammadiyah

11 June 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Untuk merayakan Milad ‘Aisyiyah ke-107 dengan tema "Memperkok....

Suara Muhammadiyah

8 June 2024

Berita

JAMBI, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) terus menunjukkan komitmen dan penc....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah