Cuaca Ekstrem Ancam Sulsel, Kapolda Ajak Pemuda Muhammadiyah Bersatu Hadapi El Nino

Publish

29 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
181
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Andi Rian Jayadi Kapolda mengajak Pemuda Muhammadiyah berkolaborasi menghadapi berbagai persoalan bangsa. Ia mengangkat dua isu penting yang membutuhkan keterlibatan kaum muda, yakni dampak El Nino dan Pilkada 2024. Hal itu ia sampaikan saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Musyawarah Wilayah (Musywil) XVIII Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan pada Jumat (26/4/2024) di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Andi Rian Jayadi menyampaikan kekhawatiran mengenai fenomena El Niño yang belum sepenuhnya berakhir. Ia menyebutkan bahwa beberapa wilayah di dunia mengalami suhu yang sangat tinggi, bahkan mencapai 45 derajat Celsius, yang menyebabkan kematian. 

Meskipun Sulawesi Selatan belum mengalami suhu se-ekstrem itu, Kapolda menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi dampak El Niño yang bisa meningkatkan suhu dan mengurangi curah hujan. 

Andi Rian Jayadi juga menekankan pentingnya menjaga suasana kondusif sebagai kunci sukses pelaksanaan Pemilu yang aman dan damai. Ia mengingatkan bahwa pemilihan kepala daerah adalah momen penting yang tidak hanya mempengaruhi stabilitas politik lokal, tetapi juga nasional. 

Kapolda juga menggarisbawahi pentingnya partisipasi pemuda, khususnya dari Pemuda Muhammadiyah, dalam mengawasi jalannya Pilkada. Ia berharap pemuda bisa aktif dalam proses demokrasi dan memberikan kontribusi positif untuk menyukseskan Pilkada.

Menanggapi ajakan Kapolda, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulsel yang baru terpilih, Heriwawan, menyatakan kesediaannya untuk berkolaborasi dalam menghadapi cuaca ekstrem dan menjaga kondusivitas jelang Pilkada. 

"Kami, Pemuda Muhammadiyah Sulsel, siap berkolaborasi dengan Polda Sulsel dan badan-badan terkait untuk melakukan upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan cuaca yang ekstrem," ucap Heriwawan, di Makassar, Senin 29 April 2024. 

Ia menambahkan, di Pemuda Muhammadiyah ada bidang lingkungan hidup, yang sedang menyiapkan program untuk edukasi Masyarakat terkait tantangan cuaca tersebut. Mengenai Pilkada serentak 2024, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulsel menyatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah siap berpartisipasi mengawal Pilkada 2024. 

"Kami mengapresiasi upaya Kapolda dan jajaran dalam menjaga keamanan jelang Pilkada. Kami siap untuk menjadi mitra dialog dan kerja yang baik untuk polisi dalam menciptakan suasana yang kondusif," tutup Heriwawan yang baru saja terpilih sebagai Legislator DPRD Sulsel dalam Pemilu 2024 lalu.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

REDELONG, Suara Muhammadiyah - Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Takengon Aceh Tengah dan Mahka....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Bulan Ramadan adalah bulan tarbiyah, bulan mulia yang merupakan momen....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar kuliah umum deng....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Berita duka datang dari Habib Syukri, S.T., M.T dan juga Sekretaris....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (U....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah