Dakwah Komunitas: PKUM UMPR Selenggarakan Pengajian Wali Santri TPQ At-Tanwir

Publish

16 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
167
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah – Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menggelar Pengajian dan Silaturahmi Wali Santri Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) At-Tanwir PKUM UMPR di Masjid Kampus II UMPR, Sabtu (15/6/24). Pengajian tersebut diisi oleh Ust. H. M. Syairi Abdullah selaku Wakil Ketua PWM Kalimantan Tengah.

Pengajian dan Silaturahmi Wali Santri TPQ At-Tanwir PKUM UMPR merupakan pengajian perdana yang dilaksanakan oleh Pengelola TPQ sebagai ajang ramah tamah untuk saling berkomunikasi terkait kritik, saran ataupun masukan yang membangun terhadap pengelola, pengajar, serta proses pembelajaran di TPQ At-Tanwir ini.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Kepala TPQ At-Tanwir Ust. Aris Pratama Gunawan, S.H dalam sambutannya.

"Alhamdulillah, kita dapat dapat bersilaturahmi kembali setelah kegiatan Pesantren Ramadan 1445 H lalu, kami dari pengelola dan pengajar TPQ ingin saling berkomunikasi dan meminta masukan, arahan, harapan dan pendapat dari Ibu-ibu yang telah mempercayai putra dan putrinya untuk belajar serta dididik di Masjid Kampus II UMPR ini, guna menjadi generasi yang mencintai Al-Qur'an dan dicintai oleh Allah Swt" ungkapnya.

Selepas acara Aris menambahkan bawah pengajian kali pertama ini dalam rangka mensyiarkan dakwah persyarikatan Muhammadiyah kepada masyarakat sekitar.

"Kegiatan sore ini merupakan dakwah komunitas yang sedang digarap oleh mahasantri PKUM UMPR, insyaAllah dengan adanya dakwah komunitas ini perkembangan syiar Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah di Kota Palangka Raya khususnya di sekitar masjid ini bisa lebih meluas radiusnya dan bisa lebih terjangkau,” tuturnya.

Ucapan apresiasi dan harapan disampaikan juga oleh salah satu Wali Santri, yaitu Ibu Sesi Liani selaku orang tua dari Ananda Muhammad Husni dan Zailani Arifin.

"Terima kasih banyak kepada Ustaz dan Ustazah TPQ atas segala bantuannya, telah bersedia mengajari anak-anak kami dalam membaca Al-Qur'an serta mewadahi pembelajaran untuk kami para orang tua yaitu pengajian bulanan ini, harapannya semoga dapat dilaksanakan terus, agar tidak hanya anaknya yang belajar, namun juga kami Ibu-ibu nya juga," ujarnya.

Ust. H. M. Syairi Abdullah juga menyampaikan harapan untuk keberlanjutan TPQ ini.

“Saya atas nama PWM Kalteng sangat mengapresiasi kegiatan pembinaan Al-Qur’an untuk anak-anak di sini, karena itu kita berharap ke depan ini dapat dibantu oleh masyarakat sekitar kemudian oleh universitas, dan kami yakin ini merupakan satu bentuk pengabdian dari mahasiswa PKUM UMPR,” harapnya.

Syairi Abdullah menyampaikan dalam kajiannya tentang pentingnya memperhatikan pendidikan agama terhadap anak.

"Orang tua adalah sekolah pertama untuk anak-anaknya, maka sudah selayaknya orang tua memperhatikan pendidikan dunia dan akhirat untuk anak-anaknya, dengan merelakan anaknya belajar menuntut ilmu agama di sini dan orang tua pun berupaya menjadi orang tua yang terbaik, yang bisa memberikan contoh dan dicontoh oleh anak-anaknya, sebagaimana yang tertera pada surah Al-Furqan ayat 74 yaitu meminta pasangan dan keturunan yang baik kepada Allah Swt.,” terangnya.

Kegiatan sore itu dihadiri oleh 31 Wali Santri TPQ At-Tanwir PKUM UMPR, para Pengelola dan Pengajar TPQ At-Tanwir PKUM UMPR, serta mahasantri putri PKUM UMPR. Kemudian diakhiri dengan pembagian sembako dan kupon daging kurban untuk Wali Santri TPQ At-Tanwir PKUM UMPR. (Aisyah & Aris Pratama)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah  – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menamba....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

PALOPO, Suara Muhammadiyah - Ratusan siswa mengikuti Seminar Karir yang diadakan oleh Fakultas Sains....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 193  jamaah Calon Haji (Calhaj) Kelompok Bimbingan ....

Suara Muhammadiyah

17 May 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta ....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – RS Islam Jakarta Cempaka Putih merayakan milad ke-53 pada Selasa....

Suara Muhammadiyah

25 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah