Deni Asy’ari Motivasi Lulusan Uhamka Jadi Generasi Berkemajuan

Publish

23 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
219
Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari, MA. Dt Marajo. Doc. SM

Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari, MA. Dt Marajo. Doc. SM

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari, MA Dt Marajo menghadiri Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) dalam rangka Wisuda Magister, Sarjana, dan Ahli Madya tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (23/12) di Balai Sidang Jakarta Convention Center.

Dalam kesempatan itu, Deni sangat bangga dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh wisudawan Uhamka. Apresiasi itu diberikan atas kerja keras berpeluh-peluh di dalam menyelesaikan studinya, sampai pada akhirnya telah dinyatakan sukses lulus dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah itu.

“Saya ingin menyampaikan selamat (tahniah) atas momen yang bahagia ini. Semoga momen ini menjadi starting point (titik awal) untuk kesuksesan karir bapak/ibu ke depan. Dan jika sudah sukses karir ke depan, jangan lupa untuk kembali dan mengabdi di Muhammadiyah,” ujarnya.

Deni mengingatkan pesan Kiai Haji Ahmad Dahlan. “Jadilah dokter kembalilah kepada Muhammadiyah. Jadilah master, insinyur, dan (propesional) kembalilah kepada Muhammadiyah.” Melalui secercah pesan ini, Deni meminta agar para wisudawan Uhamka dapat meresapi pesan sekaligus mengambil pelajaran sarat makna dari pendiri Persyarikatan Muhammadiyah tersebut

Lebih lanjut, pada saat bersamaan Deni meminta agar wisudawan bangga dapat menyelesaikan studinya di Uhamka. Menurutnya, PTMA ini menyandang dua nama besar, yakni nama besar Muhammadiyah dan nama besar tokoh Muhammadiyah yang juga dikenal sebagai ulama, filsuf, dan sastrawan Indonesia yaitu Prof Dr Hamka.

“Kedua nama ini adalah sumber dari semua inspirasi. Dan kedua nama ini mengabdi untuk melahirkan generasi yang berkemajuan. Maka, pasca-wisuda ini tentu kita mengharapkan lahirnya generasi-generasi berkemajuan sebagaimana semangat Muhammadiyah,” katanya.

Deni membongkar karakteristik dari generasi berkemajuan. Pertama, generasi yang memiliki karakter kemandirian. Kelahiran Muhammadiyah ditopang oleh karakter kemandirian dalam mengelola amal usaha, salah satunya dengan berdirinya 176 PTMA di seluruh Indonesia. 

“Itu tidak lain tidak bukan karena kekuatan karakter kemandirian dari Kiai Haji Ahmad Dahlan. Maka, semangat kemandirian ini sudah menjadi bagian dari inner dynamic. Mandiri tentu bukan tidak bekerja sama, tapi hidup pantang menyerah, mentalitas kuat, etos kerja luar biasa, dan mampu mengeksplorasi potensi yang kita miliki,” ucapnya.

Kedua, generasi yang mampu menginspirasi. Menukil ucapan Hamka, “Kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja.” Bagi Deni, bekerja itu jangan sekadar bekerja rutinitas, tapi harus memiliki nilai tambah yang mampu menginspirasi orang lain. “Inilah generasi berkemajuan, generasi yang menginspirasi. Kita sebagai sarjana, tentu kerja ke depan harus mampu menginspirasi orang lain,” timpalnya.

Ketiga, generasi yang berpikir legacy. Bukan sekadar masa depan, tetapi generasi berkemajuan harus bisa berpikir bagaimana ada sebuah warisan yang bisa dimanfaatkan oleh generasi berikutnya. “Apapun aktivitas kita, semangat menghadirkan legacy harus bisa menjadi bagian dari aktivitas kita,” tegasnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah - Dilaksanakan pada Ahad (07/01/2024), Pimpinan Daerah Ikatan Pe....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) m....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

BANGLI, Suara Muhammadiyah – Masih dalam rangkaian agenda Rapat Kerja (Rakert) PT Syarikat Cah....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara melalui Majelis Ta....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyelenggarakan pembukaan Moehi Nati....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah