Di Milad 107 ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Universal

Publish

19 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
193
Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Salmah Orbayinah

Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Salmah Orbayinah

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Salmah Orbayinah mengatakan bahwa Milad ‘Aisyiyah ke 107 menjadi momentum penting bagi ‘Aisyiyah untuk terus menguatkan komitmennya dalam menguatkan dakwah kemanusiaan universal. 

Salmah menyampaikan, dakwah kemanusiaan semesta dimaknai sebagai dakwah yang melintas batas agama, bangsa dan negara. “Melalui Milad ke 107 ini ‘Aisyiyah mengingatkan kembali masyarakat Indonesia bahwa perempuan berkemajuan dalam perspektif Islam didorong untuk menjalankan peran keagamaan yang menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan semesta yang rahmatan lil-‘alamin,” jelas Salmah dalam Resepsi Milad ‘Aisyiyah ke 107 pada Ahad (19/5) di Aula Universitas ‘Aisyiyah Surakarta.

Salmah juga menekankan bahwa peran menebar kebaikan dalam kemanusiaan semesta yang dilakukan ‘Aisyiyah antara lain melalui penyebarluasan dialog antaragama dan peradaban, penyelamatan ekosistem dan lingkungan hidup di tingkat global, gerakan perdamaian dunia, dan gerakan anti perang seperti dalam membela bangsa Palestina dari agresi Israel, perlindungan perempuan dan anak dari segala ancaman kekerasan sebagai perwujudan dari dakwah rahmatan lil-‘alamin.

“Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah, dihadirkan untuk mewujudkan kehidupan perempuan berkemajuan dalam seluruh aspek kehidupan. Perempuan berkemajuan adalah alam pikiran dan kondisi kehidupan perempuan yang maju dalam segala aspek tanpa mengalami hambatan dan diskriminasi baik secara struktural maupun kuktural,” imbuh Salmah.

Perempuan berkemajuan, lanjut Salmah, dalam pandangan Islam berkemajuan adalah kehidupan perempuan yang memiliki derajat dan perlakuan yang sama mulia dengan laki- laki tanpa diskriminasi, yang ukuran kemuliaannya terletak pada ketaqwaan, iman, dan amal shaleh.

Selain itu, Salmah juga mengungkapkan bahwa potensi kekuatan ‘Aisyiyah yang sudah menjalani abad kedua memiliki modal sosial yang sangat besar sebagai kekuatan dan rahmat dari Allah yang harus disyukuri. “Kebesaran, potensi, dan kekuatan ‘Aisyiyah sebagai organisasi perempuan muslim berkemajuan penting untuk kita gerakkan secara lebih optimal sehingga dapat berkontribusi dalam memecahkan berbagai permasalahan kehidupan bangsa maupun permasalahan kemanusiaan semesta,” jelas Salmah.

Secara khusus usaha menebar kebaikan yang diperankan ‘Aisyiyah secara tersistem dilakukan melalui Gerakan Amal Usaha di bidang pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan ekonomi, dan amal usaha lainnya yang secara nyata dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

“Lebih dari satu abad ‘Aisyiyah bersama Muhammadiyah melaksanakan amal usaha sebagai perwujudan dari dakwah dan tajdid yang membawa kemajuan hidup seluruh masyarakat dan umat manusia,” pungkas Salmah.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Guna menyambut tahun 2024, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Su....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

PABELAN, Suara Muhammadiyah – Lembaga Sertifikasi Pustakawan (LSP) menggelar kegiatan Uji Sert....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Magister Pendidikan mengadakan Seminar Kiat Sukses Pengaj....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Sabtu (25/5/2024), Ketua PWM DIY Ustaz Ikhwan Ahada melaunchin....

Suara Muhammadiyah

25 May 2024

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, melalui majelis ....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah